Counterpoint: Apple Rajai Penjualan Smartphone di Cina

Smartphone Apple

Selular.ID – Perang dagang antara Amerika Serikat dan China belum berakhir. Tetapi, hal tersebut tak menggoyahkan semangat Apple untuk mencapai kesuksesannya dalam pertempuran untuk loyalitas pengguna Cina.

Laporan terbaru dari para analis di Counterpoint Research mengungkap bahwa Apple berhasil menjadi merek smartphone teratas dalam hal unit penjualan dan pendapatan di China selama enam minggu berturut-turut.

Apple menduduki posisi pertama di Cina tepat setelah iPhone 13 dirilis. Setelah itu, Apple berada di posisi terdepan untuk sebagian besar periode tersebut dan masih mengalahkan Vivo.

Kesuksesan ini bisa dibilang berkat kehadiran series iPhone 13. Harga awal yang relatif lebih rendah pada peluncurannya di China membantu meningkatkan penjualan, belum lagi kamera barunya yang apik serta tersedianya konektivitas. Disamping itu, pesaing utama Apple di pasar premium yakni Huawei, menghadapi penurunan penjualan karena sanksi AS yang masih berlangsung.

Berbicara soal popularitas model keluarga iPhone 13, maka sebagian besar pengguna akan membeli model standar. iPhone 13 Pro Max dan iPhone 13 Pro terjual dengan baik, tetapi iPhone 13 mini permintaannya sangat rendah.

Terkait hal itu, Direktur Riset, Tom Kang, mengatakan bahwa satu-satunya pesaing sejati Apple di China hingga saat ini adalah Huawei yang dimana saat ini tengah menghadapi masalah produksi yang serius lantaran sanksi AS.

Sebelumnya, Apple juga telah berhasil melampaui Vivo pada Oktober 2021 untuk menjadi OEM smartphone terbesar di China. Menurut Layanan Pulsa Pasar Bulanan Counterpoint Research, pencapaian itu merupakan kali pertama untuk Apple sejak Desember 2015. Didorong oleh seri iPhone 13, penjualan Apple tumbuh 46% MoM, tertinggi di antara semua OEM utama di negara ini.

Baca Juga: Apple Rilis Update iOS & iPadOS 15.2.1, Ada Perbaikan sistem Keamanan Terbaru

Tonton juga video di bawah ini: