Perkuat Talenta Digital di Solo, Indosat Ooredoo Gelar Pelatihan

Perkuat Talenta Digital di Solo, Indosat Ooredoo Gelar Pelatihan

Jakarta, Selular.ID Indosat Ooredoo kembali melanjutkan komitmennya untuk mendukung transformasi digital dan pemulihan ekonomi Kota Solo.

Setelah sukses meluncurkan layanan komersial 5G pertamanya pada bulan Juni dan inisiatif ‘Kampung Digital’ pada Oktober lalu, kini Indosat Ooredoo melanjutkan komintenya dengan berkolaborasi oleh Dinas Pariwisata Kota Solo guna mengembangkan talenta digital, yang nantinya mendorong pertumbuhan ekonomi kota tersebut.

Membawa tema ‘Bisa Berkarya, Bisa Berdaya, Bangkit Bersama’, ajang yang digelar hingga 18 Desember 2021 ini, menghadirkan lima pelatihan dan workshop yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dari Solo dan sekitarnya.

Program ini melibatkan beberapa kreator konten ternama untuk mengisi workshop, antara lain Samsul Arifin, pendiri Lintang Media, channel YouTube dengan lebih dari 3 juta subscriber, dan Bagoes Kresnawan atau yang dikenal dengan @bagustikus, seorang pembuat film dan kreator konten ternama.

Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, mengatakan, “kami bangga dapat mendukung pemberdayaan anak muda dan talenta digital di Solo karena mereka adalah tulang punggung pemulihan ekonomi kota,” ujarnya.

Terlebih selama masa yang penuh tantangan ini, peningkatan permintaan akan keterampilan digital pun menjadi tak terelakkan saat dunia bergerak cepat menuju masa depan digital.

“Maka program Local Content Creator Solo 2021 berfungsi sebagai platform untuk mengatasi kesenjangan keterampilan digital dengan mempersiapkan kumpulan talenta digital dan pembuat konten berikutnya. Lebih lanjut, kami berharap program ini dapat memperkuat komitmen kami untuk mendukung pemulihan ekonomi Solo sekaligus menjadikan Indonesia menjadi pusat kekuatan digital di Asia Tenggara,” sambung Steve.

Sementara itu Aryo Widyandoko, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Surakarta, mengatakan komitmen dan kerjasama yang melalui program ini,  “diharapkan kaum muda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan digital mereka dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk menjadi pembuat konten inspiratif yang membanggakan bagi kota ini,” tambah Aryo.

Selama pelatihan, peserta bisa mendapatkan wawasan berharga dari sudut pandang fundamental dan teknis, seperti tips untuk menghasilkan ide untuk cerita, membuat konten yang berdampak, dan menjadikannya viral.

Kemudian, program ini akan menantang peserta untuk membuat konten kreatif singkat untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.

“Peserta dapat membuat konten kreatif seputar pariwisata, budaya, kuliner, museum, dan bisnis UMKM Kota Solo.Akan ada juga tantangan khusus di akhir periode pelatihan yang hanya bisa diikuti oleh  peserta Local Content Creator Solo. Tantangan tersebut berhadiah uang tunai dan benefit  lainnya, termasuk paket data IM3 Ooredoo serta kesempatan untuk mengekspos konten melalui sistem ‘Kampung Digital’,” tandas Steve.