OPPO, Ponsel Pioner di Jaringan 5G

smartphone

Jakarta, Selular.ID – Seperti diketahui jaringan ke 5 atau 5G resmi mendarat di Indonesia, tepatnya setelah Telkomsel resmi menggelar jaringan 5G pada Mei 2021.

Hadirnya 5G secara resmi di Indonesia menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal.

Digadang-gadang mampu menopang kebutuhan di era digital, jaringan 5G memiliki tiga karakteristik yang berbeda dari jaringan generasi sebelumnya yaitu, Ultra High Speed Rate, yakni jaringan 5G memiliki kecepatan transisi sebanyak 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Kemudian Ultra High Density jumlah perangkat yang dapat terkoneksi dalam jaringan 5G pada waktu bersamaan 100 kali lebih banyak dari jumlah perangkat dalam jaringan 4G. Dan Ultra Low Latency memiliki tingkat hambatan/delay sangat rendah, yaitu hanya 1 milisecond dibanding latensi pada jaringan 4G.

Dengan karakteristik yang dihadirkan tentu banyak yang dapat dilakukan. Jaringan 5G dapat disimpulkan sebagai fast like a lighting speed and invisible delay. Kecepatan jaringan komunikasi selular dan delay yang nyaris tidak ada merupakan masa depan yang akan membantu kehidupan manusia.

Beberapa hal yang dapat dilakukan di jaringan 5G yaitu:

Smart Home
Dengan luasnya akomodasi perangkat pada jaringan 5G, peralatan rumah tangga seperti kulkas, AC, penyaring udara, lampu dan lainnya dapat terkoneksi dalam jaringan 5G. Contoh, menyalakan AC via telepon genggam sebelum sampai di rumah.

Smart Office, Smart Park
Banyaknya perangkat di gedung perkantoran dan taman dapat dikoneksikan dalam jaringan 5G sehingga menjadi lingkungan pintar.

Environment Monitoring
Pemerintah dapat menggunakan beragam perangkat untuk memonitor kondisi lingkungan seperti kualitas air, kualitas udara, alarm dan lainnya di berbagai tempat dan dapat melakukan monitoring secara real-time jika ada perubahan dalam lingkungan.

Kehadiran 5G di Indonesia tentunya menjadi hal baru dan angin segar sejumlah industri, dengan teknologi terbaru ini sejumlah brand melakukan terobosan untuk kebutuhan 5G penggunanya.

Seperti halnya industri smartphone, dengan kehadiran 5G di Indonesia membuat sejumlah brand menyiapkan produk andalan untuk menunjang teknologi 5G. Salah satunya OPPO.

OPPO dan teknologi 5G
Seperti diketahui OPPO telah menyertakan jaringan 5G di sejumlah perangkat, dan dapat dikatakan OPPO menjadi yang terdepan dalam teknologi 5G saat ini. Pada tahun 2018, OPPO telah berhasil mencoba implementasi WeChat Video Call di jaringan 5G.

Tak berhenti di situ, setahun kemudian pada tahun 2019 di acara MWC Conference, untuk pertama kalinya OPPO menggunakan smartphone 5G OPPO dalam melakukan Weibo live video broadcast di jaringan 5G secara langsung.

Pada tahun 2019, OPPO dan Swisscomm mengadakan Konferensi 5G di Zurich, di mana pada pertemuan tersebut OPPO dan Swisscomm mengumumkan kolaborasi diantara keduanya dalam memperkenalkan OPPO Reno 5G secara komersil di pangsa pasar Swiss. Kehadiran OPPO Reno 5G menandai kehadiran ponsel 5G pertama di dunia ke pasar Eropa.

Perangkat OPPO mendukung 5G
Untuk menyambut implementasi 5G di Indonesia, OPPO menyediakan produk yang dapat menggunakan jaringan 5G. Produk-produk terbaru OPPO yang memiliki kemampuan mumpuni di jaringan 5G adalah: OPPO Find X3 Pro 5G , OPPO Reno6 Pro 5G, dan OPPO Reno6 5G

OPPO Find X3 Pro 5G
Oppo Find X3 Pro 5G merupakan smartphone flagship yang dirancang dengan teknologi 5G. Oppo Find X3 Pro 5G bagi penggunanya dengan menyematkan Qualcomm Snapdragon 888 Mobile Platform.

Snapdragon 888 adalah prosesor yang akan menjadi tolak ukur bagi perangkat smartphone pada tahun 2021 dan sangat pas bersanding dengan teknologi 5G.Chipset Qualcomm Snapdragon 888 dan GPU Adreno 660 diklaim mampu membuat konsumsi daya lebih rendah dan masa pakai baterai lebih lama, serta mendukung 5G.

OPPO Reno6 Pro 5G
Smartphone ini ditopang chipset Qualcomm® Snapdragon™ 870 5G SoC yang akan memberi kenyamanan baik untuk aktivitas profesional maupun gaming di sela waktu. Chip itu dipadu RAM 8GB dan memori internal berdaya tampung 128GB.

OPPO Reno6 5G
Oppo Reno6 5G hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 900 yang diracik dengan RAM 8 GB. Memori internalnya berdaya tampung 128 GB.

Ketiga seri premium OPPO ini telah didukung karakteristik 5G. Sebagai contoh, dalam jaringan 5G, kita dapat menonton sebuah film kualitas bluray secara live stream tanpa perlu khawatir terputus-putus. Mengunduh game sebesar 1.5GB membutuhkan 2 menit dalam jaringan 4G. Tapi pada jaringan 5G, waktu yang dibutuhkan kurang dari 1 detik.

Dengan dukungan 5G beserta spesifikasi yang dibawa ketiga smartphone ini, penggunanya dapat memiliki pengalaman yang tak dirasakan di generasi sebeLumnya. Seperti menonton video ultra high definition, 2K dan 4K secara online tanpa gangguan.

Baca Juga:Oppo Reno6 5G Gandeng ASSC Tebarkan Semangat Untuk Berani Tampil Beda

Menonton siaran live dengan high definition 2K dan 4K. Dan jika ponsel terkoneksi dengan Augmented Realtity (AR) atau Virtual Reality (VR), pengguna akan mendapatkan pengalaman high definition audio dan video, aplikasi dan game VR dan AR secara online, tanpa hambatan.

Dan tentunya untuk menikmati kemudahan itu, pengguna harus mengaktifkan jaringan 5G yang sudah disediakan operator, karena untuk saat ini belum semua wilayah sudah mendukung jaringan 5G.