OPPO INNO Day 2021: Perkenalkan Inovasi Terbaru, Juga Flagship Lipat Pertamanya Find N

Oppo Inno Day 2021

Jakarta, Selular.ID – OPPO, telah menggelar acara tahunan OPPO INNO DAY yang diadakan selama dua hari, secara online dan offline pada 14 dan 15 Desember 2021 lalu. Gelaran bergengsi yang sudah dimulai sejak 2019, tak hanya menyampaikan strategi baru perusahaan. Namun, Oppo juga memperkenalkan sejumlah teknologi menarik yang siap hadir menyapa penggemarnya.

Tony Chen, Founder dan CEO OPPO, menuturkan pertama kali diluncurkan pada tahun 2019, dan tahun ini di OPPO INNO DAY, OPPO menghadirkan inovasi terbaru, salah satunya adalah NPU (Neural Processing Unit) untuk pertama kalinya, OPPO Air Glass, dan yang ditunggu-tunggu adalah Flagship Lipat Pertamanya, OPPO Find N.

Seperti apa dan teknologi apa yang diusung dalam OPPO INNO DAY, berikut rangkumannya:

Kegiatan virtual yang menghibur dan interaktif
Tahun ini OPPO mendigitalisasi acara OPPO INNO DAY, yang sebelumnya diselenggarakan secara konvensional kini menjadi kegiatan virtual yang menghibur dan interaktif.

OPPO INNO WORLD merupakan panggung virtual OPPO INNO DAY 2021. Pengunjung dapat mengikuti acara peluncuran dari mana pun menggunakan avatar yang sudah dipersonalisasi.

OPPO INNO Day

Selain itu, pengunjung juga bebas mengunjungi ruang pameran virtual, bersosialisasi dengan pengunjung lainnya, dan berburu pesan tersembunyi yang tersebar di dunia virtual tersebut.

Smartphone Flagship Lipat Pertamanya, OPPO Find N
Pete Lau, Chief Product Officer OPPO menjelaskan bahwa OPPO Find N adalah ponsel lipat pertama OPPO yang dibekali dengan sejumlah teknologi unggulan. Misalnya, di aspek layar dan engsel.

Berikut spesifikasi yang diusung OPPO Find N

Oppo Find N

Performa
OPPO Find N hadir dengan Qualcomm® Snapdragon™ 888 Mobile Platform, RAM LPDDR5 hingga 12 GB, dan penyimpanan UFS 3.1 512 GB. Baterai Find N berdaya besar 4.500mAh.

Engsel Melengkung
Hadir dengan desain berbentuk tetesan air yang memperlebar sudut lipatan pada layar, Flexion Hinge pada OPPO Find N berfungsi sebagai penyangga saat layar terlipat. Selain itu, Flexion Hinge juga menghilangkan celah antara layar saat dilipat sehingga menawarkan tampilan yang lebih terintegrasi dan dapat melindungi layar dalam dari goresan.

Mode FlexForm
Struktur gir dan pegas dalam Flexion Hinge memungkinkan perangkat untuk berdiri tegap saat layar dibuka dengan besar sudut antara 50 hingga 120 derajat. Dilengkapi dengan berbagai software yang dirancang khusus untuk smartphone lipat, Mode FlexForm pada OPPO Find N menghadirkan fleksibilitas bagi para pengguna untuk menggunakan perangkat dalam berbagai skenario.

Layar
OPPO Find N memiliki layar berukuran 7,1 inci yang mampu menghadirkan tampilan visual 60% lebih besar dibandingkan dengan layar standar berukuran 6,5 inci Serene Display juga sangat andal dan dapat dilipat dan dibuka dengan mulus hingga lebih dari 200.000 kali tanpa menyebabkan garis lipatan pada layar

Layar dalam menggunakan tampilan LTPO dengan teknologi smart dynamic refresh rate yang dapat menyesuaikan kecepatan refresh dengan kisaran 1 hingga 120 Hz berdasarkan konten yang sedang dilihat oleh pengguna. Layar bagian dalam juga memiliki touch sampling rate hingga 1.000 Hz.

Inovasi
OPPO Find N hadir dengan fitur hand-gesture terbaru sehingga dapat melakukan beberapa aktivitas bersamaan sekaligus dengan lebih mudah. Saat menggunakan aplikasi tertentu, pengguna dapat menggeser layar ke bawah menggunakan dua jari untuk mengaktifkan fitur split-screen dan memisahkan layar menjadi dua tampilan individu yang berbeda pada layar kanan dan kiri.

Selain itu, pengguna juga melakukan gerakan menekan dengan empat jari untuk mengubah full-screen window menjadi floating window. Pengguna juga dapat melakukan gerakan tradisional seperti long press atau drag-and-drop ikon aplikasi untuk mengaktifkan fitur tersebut. Bahkan, pengguna juga bisa menyimpan pengaturan aplikasi yang sering digunakan secara split-screen dengan mudah pada layar homesceen.

Ponsel Lipat Pertama Oppo Ludes Terjual, Harga Bersaing!

Kamera
OPPO Find N dilengkapi dengan tiga kamera unggulan untuk mengambil foto dan merekam video berkualitas tinggi. Kamera tersebut adalah 50 MP Sony IMX 766 main sensor, lensa ultra-wide 16 MP dan lensa telefoto 13 MP, serta kamera selfie yang terdapat di layar dalam maupun layar luar. Dikombinasikan dengan bentuk baru serta Mode FlexForm, OPPO Find N menggunakan software yang disesuaikan untuk smartphone lipat dan menghadirkan pengalaman penggunaan kamera yang lebih menarik

Kamera belakang dapat digunakan untuk mengambil selfie dengan kualitas lebih tinggi. Pengguna dapat menggunakan layar luar untuk melihat preview selfie sebelum pengambilan foto. Ambil foto selfie juga dapat dilakukan dengan fitur hand-gesture, sehingga pengguna tetap berada di dalam frame tanpa harus menekan tombol shutter kamera.

Desain
OPPO Find N hadir dalam tiga warna yang berbeda. Warna Hitam memadukan kaca matte berkilauan dan teknik laminasi film baru untuk mencapai efek kilauan yang halus dan menakjubkan pada lapisan dasar. Warna Putih terinspirasi oleh glasir keramik putih dengan kaca mengkilap dan tekstur halus yang dipadukan dengan pelat kamera keramik untuk menciptakan nuansa yang konsisten. Warna Ungu terinspirasi dari botol parfum mewah yang menggunakan sejumlah lapisan film khusus untuk menciptakan ilusi cahaya dan bayangan dengan tekstur transparan.

OPPO Air Glass
OPPO Air Glass mengubah cara melihat dan mengonsumsi informasi. Dengan teknologi OPPO Air Glass, pengguna dapat mengaktifkan berbagai fitur menarik dengan cepat dan mudah menggunakan gerakan tangan, gerakan kepala, suara, atau menyentuh layar virtual yang muncul di perangkat.

Bodi OPPO Air Glass terinspirasi dari helai bulu yang ringan, ramping dan melengkung. Touchbar pada bodi perangkat memiliki bentuk yang menyerupai batang bulu yang elegan. Sementara itu, lensa pada perangkat terinspirasi oleh sayap tonggeret yang indah dan berbeda dari lensa monokel konvensional yang biasanya berbentuk oval atau bulat.

Lensa disematkan ke dalam bingkai yang ringan dan ramping. Di dalam bingkai ini, terdapat Platform Qualcomm Snapdragon Wear 4100 dan semua komponen teknologi utama lainnya.

Proyektor ini didukung oleh Micro LED mutakhir yang memiliki tingkat kecerahan hingga 3 juta nits. Selain itu, teknologi optical diffraction waveguide khusus memungkinkan dua display mode yaitu 16-level grayscale atau 256-level grayscale. Perangkat ini juga dapat menghasilkan kecerahan rata-rata hingga 1400 nits untuk menghasilkan tampilan visual yang jelas dan tajam dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

OPPO Air Glass dapat dioperasikan menggunakan aplikasi Smart Glass yang terdapat di OPPO Watch 2 dan semua ponsel OPPO dengan sistem operasi ColorOS 11 atau versi yang lebih baru.

Neural Processing Unit (NPU)
Jiang Bo, Senior Director OPPO mengatakan, NPU diproduksi dengan proses 6nm, menggabungkan ISP dan multi-tier memory architecture yang mutakhir untuk menghadirkan perangkat berkinerja luar biasa dengan tingkat efisiensi yang tak tertandingi.

Berikut adalah kelebihan-kelebihan lainnya yang dimiliki oleh NPU OPPO :
-NPU memiliki DDR khusus dengan bandwidth ekstra hingga 8,5 GB per detik. NPU dapat mendukung fitur 4K AI Night Video dengan menerapkan complex enhancements dalam setiap frame secara real-time saat melakukan perekaman video.

-NPU memungkinkan pengambilan foto dengan kualitas 20bit 120db dynamic range dengan hasil yang luar biasa, dan 4 kali lebih besar dibandingkan dengan Find X3 Pro. Foto akan memiliki rasio kontras sebesar 1.000.000:1. Dengan demikian, kualitas dan warna foto akan terlihat sangat realistis.

-NPU memungkinkan 4K AI processing secara real-time dan HDR 20bit dalam waktu bersamaan saat menggunakan format RAW. Hal ini tentunya kualitas yang sangat baik dalam hal computational photography.

-NPU juga meningkatkan kinerja sensor RGBW OPPO untuk melakukan pemisahan ataupun perpaduan warna RGB dan Putih untuk menghasilkan rasio signal-to-noise sebesar 8.6Db, dan meningkatkan peningkatan kualitas tekstur foto ataupun video hingga 1.7 kali dan menjadikannya lebih hidup.

– Dengan peningkatan kinerja dan efisiensi daya yang besar, NPU mampu menerapkan algoritme AI Noise Reduction untuk menjadikan video yang lebih jernih dan tajam. Setiap frame akan terlihat penuh warna dengan ketajaman yang sama dengan foto biasa. Ini adalah terobosan pertama kalinya dalam fitur 4K AI HDR Night Video yang kini tersedia dalam ponsel Android.

Ketersediaan
OPPO Find N hanya tersedia di pasar Tiongkok mulai 23 Desember 2021. Untuk harganya, ponsel OPPO Find N varian 8/256 GB dibanderol dengan harga 7.699 Yuan (sekitar Rp 17,3 juta). Sementara OPPO Find N varian tertinggi 12/512 GB dijual seharga 8.999 Yuan (sekitar Rp 20,3 juta). Belum ada informasi resmi apakah ponsel ini akan dipasarkan di luar China, termasuk di Indonesia atau tidak.

Baca Juga:Teknologi Terbaru Oppo di Inno Day 2021: Air Glass dan NPU

OPPO Air Glass akan tersedia di pasar Tiongkok saja mulai Kuartal 1 2022. Perangkat ini terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih, serta dilengkapi dengan dua aksesori bingkai khusus.

Sementara itu, NPU akan tersedia secara perdana dalam Find X Series mulai Kuartal 1 2022 untuk menghadirkan teknologi pencitraan terbaik.