Wah! Indonesia Masuk Jajaran Negara yang Alami Panggilan Spam Tertinggi di Dunia

Wah! Indonesia Masuk Jajaran Negara yang Alami Panggilan Spam Tertinggi di Dunia

Jakarta,Selular.ID – Truecaller baru saja meluncurkan laporan terkait maraknya aktivitas spam secara global. Yakni dalam laporan Truecaller Global Spam Report 2021, yang menarik tertanya Indonesia menjadi 10 negara teratas yang mengalami peningkatan paparan telepon spam di Indonesia sepanjang tahun 2021 ini.

Berdasarkan data tersebut Indonesia menduduki posisi ke 6 sebagai negara teratas yang alami tingkat panggilan spam tertinggi di dunia. Di posisi puncak ada Brazil, di ikuti oleh Peru, dan Ukraina di posisi ke tiga.

CEO dan Co-Founder Truecaller Alan Mamedi menjelaskan para penipu di Indonesia mengincar target dengan cara yang terukur dan tepat sasaran.

Baca juga: Berikut 3 Prediksi Serangan Siber yang Semakin ‘Kuat’ di 2022

Kemudian Alan menegaskan jika cara serangan penipu mengincar target dengan cara yang sangat ilmiah dan tepat sasaran, bahkan dapat menggali detail informasi latar belakang dan catatan keuangan korbannya.

“Data kami menunjukkan bahwa orang Indonesia menjadi target penipuan dengan makin tingginya tingkat teror komunikasi tidak diinginkan, menyebabkan jutaan pengguna smartphone di Indonesia berisiko menjadi korban penipuan,” kata Alan

Masalah ini diperparah dengan masih sangat sedikit masyarakat Indonesia yang menyadari tindakan penipuan ini, hanya 1% dari seluruh panggilan yang diblokir ditandai sebagai penipuan, sementara angka ancaman scam terus tumbuh subur.

Baca juga: Hambat Pembahasan RUU PDP, Sebenarnya Seberapa ‘Penting’ Polemik Badan Keamanan data Pribadi?

Secara keseluruhan Truecaller mengidentifikasi 184.5 miliar panggilan dan 586 miliar pesan. Di antara jumlah tersebut, 37,8 miliar dan 182 miliar pesan diidentifikasi dan diblokir sebagai spam.

Laporan ini juga menjelaskan tren spam dan penipuan selama satu tahun terakhir, dan tak menutup kemungkinan bakal berlanjut di 2022.