Cara Scan Tulisan Cetak Dengan Fitur Live Text di Iphone 13

Jakarta, Selular.ID – iOS 15 sebagai sistem operasi dari iPhone 13, memiliki berbagai fitur salah satunya “live text”, yang bisa membuat pengguna melakukan scan dari tulisan cetak menjadi tulisan digital di iPhone 13.

Adanya fitur ini pastinya akan memudahkan pengguna, untuk menyalin tulisan dengan cepat karena hanya mengandalkan kamera belakang untuk mengambil gambar objek yang berisi tulisan cetak, lalu pengguna dapat menyalin teks dari foto tanpa mengetik ulang.

Sebagai contoh, fitur ini bisa digunakan untuk memudahkan pengguna saat harus dengan segera menelepon atau mengirim email dengan mengambil nomor telepon atau email yang dituju pada sebuah kartu nama.

Tim Selular, akan membagikan tips dalam memindai tulisan yang sudah tercetak, opsi tersebut diantaranya anda bisa langsung dari aplikasi kamera, dan juga di Copy/Paste ke aplikasi catatan.

Simak tips dari live text, berdasarkan ulasan dari tim selular:

Pindai Tulisan Cetak dari Aplikasi Kamera

 

  • Pertama, Buka aplikasi Kamera Anda lalu pilih mode “Foto”, lalu arahkan ke teks yang ingin Anda pindai sehingga berada di dalam bingkai kamera.
  • Jika iPhone Anda mendeteksi teks, akan ada ikon kuning berbentuk persegi. Jika teks tersebut sudah benar untuk anda pindai, maka ketuk ikon Teks Langsung di dekat kontrol zoom.
  • Lalu anda bisa, tekan dan tahan di barisan teks yang anda inginkan untuk melakukan seleksi.
  • Setelah itu nanti ada menu yang tersedia yaitu Copy, Select All, Look Up, Translate atau Share.

Jika dalam teks berisi nomor telepon , Anda dapat mengetuk atau menekan lama untuk :Panggilan, Mengirim pesan, FaceTime, Audio FaceTime, dan Tambahkan ke Kontak

Jika halaman web dari URL dalam teks, ketuk di atasnya, dan itu akan terbuka di Safari. Anda juga dapat menekan lama untuk mendapatkan opsi ini: Buka tautan, Tambahkan ke Daftar Bacaan, Salin tautan, dan Membagikan

Jika berisi alamat email dalam teks akan membuka draf baru, akan memungkinkan Anda memilih: Pesan email baru, Mengirim pesan, FaceTime, Audio FaceTime

Untuk alamat, mengetuknya akan membuka Maps, sementara menekan lama memberi Anda: mendapatkan petunjuk, buka di maps, salin alamat, dan membagikan.

Menggunakan untuk Menyalin Teks

Menggunakan fitur live text di aplikasi lain untuk memasukkan tulisan cetak langsung ke bidang yang dipilih bekerja dengan cara yang hampir sama seperti di Kamera, hanya Anda yang memulainya dari bidang teks di aplikasi yang Anda gunakan.

  • Buka aplikasi apa pun tempat Anda dapat memasukkan teks, lalu tekan lama di tempat ingin mulai “mengetik”. Dapat digunakan pada aplikasi Pesan, Catatan, Safari, atau aplikasi pihak ketiga lainnya.
  • Setelah Anda menekan lama bidang, akan muncul opsi “paste”, Ketuk ikon itu untuk mulai memindai teks tulisan cetak.
  • Live text akan otomatis menempelkan tulisan di aplikasi yang anda inginkan.

Dengan menggunakan “text from camera” di menu opsi sebelum mengubahnya menjadi ikon Teks Langsung sederhana. Ikon menghemat ruang di menu sambil menjaga semuanya seragam di seluruh sistem.