Bidik Potensi Pasar B2B dan UKM, XL Axiata Business Solutions Perluas Layanan di Sumatera

XL Axiata Business Solutions

Jakarta, Selular.ID – Melihat besarnya potensi pasar untuk layanan korporasi business-to-business (B2B) dan UKM di Sumatera, XL Axiata Business Solutions melakukan kerja sama strategis dengan korporasi dan komunitas UKM di wilayah Sumatera.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, ”XL Axiata Business Solutions telah menyiapkan dan mengembangkan infrastruktur digital, sumber daya manusia (SDM), serta platform untuk mendukung semua sektor usaha yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera, meliputi sektor industri yang berhubungan dengan alam seperti perkebunan, pertambangan dan potensi lain, termasuk juga bisnis UKM.”

Feby menekankan XL Axiata Business Solutions akan menjadi partner ICT yang terintegrasi dalam mengembangkan infrastruktur digital, beragam solusi dan layanan bisnis terpadu, seperti mobile,​ fixed connectivity, Internet of Things (IoT), cloud dan data center, dan mobile advertising yang bertujuan untuk akselerasi pertumbuhan bisnis para pelaku industri.

Lini layanan IoT memiliki variasi solusi masa depan yang akan mengubah cara bekerja pelaku kawasan industri, seperti Smart Surveillance System, Control Access and Building Automation, Over The Top Dashboards for Smart Industry, serta Intelligent Logistics and Wastewater Treatment.

Di Sumatera, beberapa langkah strategi yang sudah ditempuh antara lain berinovasi bersama menciptakan solusi ICT terintegrasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang semakin banyak, menjalin kerjasama kemitraan strategis sebagai penyedia ICT dan konektivitas resmi di kawasan industri dan pemerintah, serta membangun jaringan representatif XL Business Solution (B2B Dealer). Selain itu, juga disiapkan solusi smart agriculture dan smart industrial untuk perkebunan dan industri di Sumatera, serta dukungan kepada UKM dan bekerja sama dengan koperasi.

Bagi pengelola kawasan industri di Sumatera, XL Axiata Business Solutions menawarkan kerjasama penyediaan infrastruktur jaringan digital yang lengkap dengan beragam solusi yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang berada di dalam kawasan. Keberadaan infrastruktur digital yang lengkap di dalam suatu kawasan industri merupakan fasilitas yang fundamental untuk mewujudkan visi menjadi smart industrial estate yang siap bersaing di era Industri 4.0.

Perusahaan menawarkan sejumlah solusi digital yang akan bisa meningkatkan kinerja dan kualitas layanan mereka. Solusi-solusi tersebut antara lain mobile (berkomunikasi bebas tanpa batas kapan pun dimana pun), Infinet Go/Office, fixed connectivity (menyediakan link untuk ribuan perusahaan keseluruh nusantara dan mancanegara), IoT Projects seperti pencahayaan pintar untuk jalan umum, sensor panas, manajemen keamanan serta private LTE.

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang bergerak di lebih dari 330 sektor industri.