Cara Menggunakan Room Composer, NSFW dan Total Audiens di Clubhouse

Clubhouse

Jakarta, Selular.ID – Clubhouse menghadirkan fitur terbaru untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Di Clubhouse, kini tersedia pembaruan untuk membuat sebuah ruangan (room), yaitu dengan Komposer Ruangan (Room Composer), pilihan aktivasi NSFW (Not Safe/Suitable For Work), dan informasi jumlah audiens dalam sebuah room (Audience Count).

Yang dapat dilihat tidak hanya oleh kreator, tapi juga oleh semua audiens. Cloubhouse menuturkan bahwa kehadiran fitur terbaru ini

Clubhouse menghadirkan fitur terbaru karena  mendengar masukan dari para Clubhousers, seperti mengurangi kepanikan saat ruangan berlangsung, menyaring topik – topik tertentu, dan melihat jumlah total audiens.

Berikut tiga fitur terbaru yang dihadirkan Clubhouse

Komposer Ruangan
Fitur Komposer Ruangan ini telah disiapkan untuk mengurangi kepanikan yang kerap dirasakan oleh para kreator saat ruangan berlangsung. Hal ini biasanya terjadi saat kreator harus mengatur beberapa hal secara bersamaan di saat ruangan sedang berlangsung.

Sekarang, ketika memilih “Memulai Membuat Ruangan” (Start a Room), dapat menentukan terlebih dahulu pilihan pengaturan yang diinginkan untuk ruangan tersebut, sebelum ruangan itu benar-benar dimulai.

Pengguna tentunya juga dapat mengatur apakah ruangan tersebut bersifat tertutup, sosial, atau publik dan bahkan dapat membuat ruangan secara langsung dari Klub.

Selain itu, pengguna tentunya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Pemutaran Ulang (Replay), khusus untuk ruangan yang bersifat publik.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat menambahkan tautan tertentu (Pinned Link), menentukan topik (Topics) dari sebuah ruangan, mengatur bahasa yang ingin digunakan (misalnya, bahasa Indonesia), mengatur apakah audiens diperbolehkan untuk mengangkat tangan (Raise Hand), dan mengatur kualitas audio (seperti Music Mode dan Spatial Audio). Semua hal ini dapat diatur terlebih dahulu sebelum membuka ruangan untuk audiens.

NSFW
Clubhouse adalah platform yang terbuka untuk semua orang, tetapi Clubhouse juga memahami bahwa tidak semua orang ingin melihat semua ruangan dengan topik tertentu yang muncul di koridor (hallway) mereka.

Itu sebabnya Clubhouse menyediakan pengaturan fitur NSFW (Not Safe/Suitable For Work) yaitu untuk menyaring topik-topik tertentu yang tidak ingin dilihat oleh audiens di ranah publik atau ranah formal. Dengan adanya fitur NSFW ini, sebagai audiens dapat melakukan pengaturan tentang ruangan apa saja yang ingin dilihat dan tidak ingin lihat di koridor.

Cara mengaktifkan fitur NSFW adalah dengan memilih menu Pengaturan, lalu pilih Akun, lalu pilih Sembunyikan Ruangan NSFW; setelah itu, pengguna tidak akan lagi melihat ruangan tersebut di koridor.

Di samping itu, para kreator juga dapat melakukan pengaturan secara mandiri jika ruangan yang akan dibuat termasuk dalam NSFW. Pengaturan ini akan membantu kreator dalam menarik audiens yang memang tertarik dengan topik di ruangan tersebut, di saat yang bersamaan, menyembunyikan ruangan tersebut dari orang-orang yang tidak tertarik dengan topik tersebut.

Baca Juga:Pencapaian Clubhouse Selama Setahun dan Hadirkan Berbagai Fitur

Jumlah Total Audiens
Fitur Jumlah total audiens (Total Audience Count), kini dapat dilihat oleh semua orang. Artinya, siapa pun yang bergabung dalam suatu ruangan akan dapat melihat jumlah total audiens yang masuk ke ruangan tersebut. Jika sebelumnya jumlah audiens hanya dapat terlihat bagi kreator, kini semua orang dapat melihatnya.

Tentunya ini menjadi fitur yang dapat membantu para Clubhouser untuk mendapatkan gambaran berapa banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama akan sebuah topik di dalam ruangan di Clubhouse.