BerandaNewsSocial MediaDari Backchannel sampai Creator Commons, Ini 5 Fitur Terbaru Clubhouse

Dari Backchannel sampai Creator Commons, Ini 5 Fitur Terbaru Clubhouse

-

Jakarta, Selular.ID – Aplikasi berbasis audio Clubhouse hadir sejak 2020 lalu. Di awal kehadirannya, aplikasi hanya bisa diunduh secara eksklusif di perangkat iOS. Lalu pada bulan Mei 2021, Clubhouse sudah bisa diunduh dan dinikmati di perangkat Android.

Melihat antusias para penggunanya yang semakin berkembang di seluruh dunia, selama satu tahun terakhir Clubhouse menyediakan fitur-fitur terbaru yang semakin mempermudah pengguna menggunakan aplikasi, serta mencari dan mendapatkan informasi yang sesuai minat.

Tidak hanya itu, para pengguna juga memiliki kesempatan untuk saling berbagi informasi menarik yang dapat dilakukan dengan membuat “room” yang bisa dihadiri oleh banyak orang. Pembahasan yang diangkat dalam “room” pun beragam, mulai dari topik perkembangan ekonomi, teknologi, kesehatan, musik, hingga cerita misteri.

Berikut fitur-fitur terkini dari Clubhouse:

  1. Clubhouse Menghapus Sistem “Daftar Tunggu (waitlist)”

Ucapkan “Selamat datang!” kepada semua orang — Pada Juli 2021, Clubhouse memutuskan untuk menghapus sistem ‘daftar tunggu’ atau waitlist. Seperti yang diketahui, saat pertama kali muncul, Clubhouse memiliki sistem yang mengharuskan pengguna baru untuk mendapatkan ‘undangan’ dari pengguna lainnya untuk bisa menggunakan aplikasi Clubhouse. Namun, kini sistem tersebut telah dihapus. Kini semua orang dapat langsung bergabung dan menggunakan Clubhouse tanpa harus menunggu ‘undangan’ dari pengguna lainnya.

2. “Backchannel”, fitur pesan di Clubhouse

Pada Juli 2021, aplikasi Clubhouse semakin berkembang dengan mengumumkan fitur baru yaitu Backchannel, sebuah fitur layanan pesan instan yang dapat mempermudah para Clubhousers untuk berkomunikasi antar sesama pengguna.

Baca juga :  Line Klaim Platform-nya Aman Bagi Gen Z

3. Nikmati “Audio Spasial” di Clubhouse yang membuat percakapan terasa lebih hidup

Fitur menarik lainnya yang Clubhouse sediakan adalah “Audio Spasial”. Fitur ini dirancang untuk membuat para pengguna merasa lebih tenggelam dalam percakapan dan membuat audio yang kita dengarkan terasa lebih hidup dan dekat dengan kita.

4. Bergabung di ‘Klub’ di Clubhouse tanpa harus ‘mengikuti’ (follow) ‘Klub’ tersebut

Clubhouse menyederhanakan banyak hal dengan menghilangkan sistem “Followers” di Klub. Hal tersebut membuat pengguna bisa langsung bergabung menjadi anggota Klub dengan sistem ‘keanggotaan’. Jika Anda adalah Admin sebuah Klub, Anda dapat mengatur Klub tersebut dengan menjadikan keanggotaan dari Klub tersebut secara ‘open’ atau ‘terbuka’, artinya siapa pun dapat bergabung sebagai anggota Klub itu.

Baca juga :  Gaet LG, Tiktok Sambangi TV Pintar?

Atau pilihan lain adalah ‘by approval’, artinya Anda secara manual menerima satu per satu permintaan pengguna yang ingin menjadi anggota Klub.

Sebagai pengguna baru Clubhouse, simak panduan berikut. Terdapat dua “spaces” atau “halaman” yang paling penting di aplikasi Clubhouse, yaitu “the hallway” dan “room”.

5. Creator Commons

Baru-baru ini, Clubhouse meluncurkan Creator Commons, sebuah platform untuk mendukung kesuksesan para kreator. Pengguna dapat menemukan informasi dan tips untuk membuat “room” dan membuat “klub”, serta menentukan topik yang menarik untuk didiskusikan. Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang cara bekerja sama dengan brand dan agensi.

Artikel Terbaru