spot_img
BerandaNewsStartupTerhubung ke Dukcapil, Tanda Tangan Elektronik Kini Semakin Diandalkan  

Terhubung ke Dukcapil, Tanda Tangan Elektronik Kini Semakin Diandalkan  

-

Jakarta, Selular.ID – Di era serba digital seperti saat ini, tanda tangan elektronik sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat kekinian. Dan menariknya

belakangan ada banyak perusahaan rintisan yang juga mengarap solusi tersebut, salah satunya ialah Vida.

Executive Chairman & Founder Vida, Niki Luhur, mengatakan, Vida merupakan platform tanda tangan elektronik berbasis sertifikat sebagai pengganti tanda tangan basah.

“Ini adalah tanda tangan elektronik berbasis sertifikat elektronik agar semua transaksi dan tanda tangan digital diakui sama dengan tanda tangan basah,” ujar Niki, dalam acara webinar bertajuk ‘Mengulik Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi: Transformasi Dunia Kerja yang Lebih Efisien dan Aman Pasca Pandemi’, Rabu (17/11).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun merespon kebutuhan tersebut telah memberikan sederet izin Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang bisa mengelola tanda tangan digital.

Dan Vida sendiri, telah diotorisasi sebagai PSE yang bisa menerbitkan tanda tangan elektronik berbasis sertifikat elektronik buat menggantikan tanda tangan fisik. Dan tak hanya itu, platform ini pun juga secara khusus sebagai pengelola tanda tangan elektronik yang terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Vida bekerja sama dengan Dukcapil untuk memverifikasi secara biometrik data individu ke database Dukcapil atau database E-KTP. Dan Kominfo telah mengizinkan Vida meminta izin kepada pelanggan ketika memverifikasi data tanda tangan dengan data kependudukan,” ungkapnya.

“Selanjutnya kami dapat izin untuk bisa memverifikasi data dengan data penduduk di mana yang memiliki data tersebut adalah orang yang bersangkutan secara langsung,” lanjutnya.

Sekedar informasi, tak hanya Vida yang juga memiliki solusi tanda tangan elektronik. PSE yang juga bisa mengelola tanda tangan digital di antaranya dari Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Peruri, Digisign, Tilaka, Teken Aja, dan Privyid.

 

Artikel Terbaru