spot_img
BerandaNewsStartupKominfo Pertemukan Inovator dan Investor Ke Startup Lokal di Ajang HUB.ID

Kominfo Pertemukan Inovator dan Investor Ke Startup Lokal di Ajang HUB.ID

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam mengembangkan startup digital Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengelar Program HUB.ID guna memfasilitasi dan menjembatani pelaku startup digital nasional bertemu dengan para inovator dan investor.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan hadirnya program HUB.ID sebagai salah satu jawaban untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dari para inovator dalam menghadirkan terobosan di ekosistem ekonomi digital Indonesia.

“HUB.ID memang dirancang sebagai program business matchmaking yang mempertemukan startup digital dengan pihak yang memiliki kebutuhan inovasi dan strategi bisnis yang sama,” terang Johnny, dalam Demo Day HUB.ID 2021 di Jakarta, Rabu (17/11).

“Melalui kegiatan demo day HUB.IB hari ini, saya mengharapkan agar startup digital mendapatkan komitmen investasi yang akan membantu peningkatan kemampuan startup digital dalam memperluas layanan kepada masyarakat,” sambungnya.

Selain itu, HUB.ID juga membuka ruang bagi startup untuk memperoleh akses pendanaan kerja sama bisnis dan kemitraan. Hal itu berlangsung dalam tahapan proses speed mentoring, business matchmaking, networking dan demo day atau sesi presentasi.

Menteri Jhonny pun menyadari untuk memacu dunia startup digital nasional, salah satu yang cukup krusial ialah bagaimana bisa mendapatkan peluang akses investasi, atau bersinergi dengan berbagai stakeholders seperti korporasi, swasta, BUMN, bahkan dengan pemerintah.

“Saya berharap, melalui kegiatan demo day HUB.IB hari ini, startup digital mendapatkan komitmen investasi yang akan membantu peningkatan kemampuan dalam memperluas layanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain Program HUB.ID, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komifo juga menyiapkan fasilitasi untuk pelaku startup digital berupa Sekolah Beta, 1000 Startup Digital dan startupstudio.id.

Sekedar tambahan, program Sekolah Beta merupakan tahap awal untuk memberikan pengetahuan dan keahlian mendasar yang dibutuhkan dalam dunia startup digital. Melalui program itu, peserta mengikuti serangkaian kelas pembekalan pengetahuan dasar terkait konsep startup teknologi dan model bisnis untuk para pemula industri startup.

Selanjutnya, melalui Program 1.000 Startup Digital, Kementerian Kominfo bersama ekosistem berupaya memfasilitasi pencarian dan mengkurasi ide kreatif serta tim untuk membuat produk-produk yang inovatif.

Ada pula Program startupstudio.id sebagai sekolah bagi founders startup digital guna menyiapkan wawasan dan kemampuan teknis secara lebih intensif.

Artikel Terbaru