Moto Edge X Dirumorkan Bawa Kamera Setajam 200 MP

Jakarta, Selular.ID – Ada kabar jika Moto Edge X akan menggunakan sensor kamera 200 MP ISOCELL HP1 pertama. Kabarnya perangkat ini sangat mengekedepankan keunggulan kamera yang luar biasa dari teknologi kamera teranyar gubahan Samsung tersebut.

Berdasarkan catatan lain yang beredar, Moto Edge X juga akan menjadi ponsel pertama di dunia yang menggunakan kamera OmniVision OV60A 60 MP untuk mengambil selfie. Dan Moto Edge X juga akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan kamera OmniVision OV50A 50 MP untuk kamera belakangnya. Ponsel ini diperkirakan akan meluncur secara global dengan nama Motorola Edge 30 Ultra.

Rumor soal penggunaan kamera setajam 200 MP ini memang sebelumnya ramai beredar, dan ada banyak brand yang dikabarkan bakal menjadi pertama mengandalkan teknologi kamera tersebut.

Isu yang pertama kali berkembang, dirumorkan jika ponsel pertama dengan kamera 200 MP akan diperkenalkan Xiaomi pada tahun depan. Sementara Samsung, baru akan mengandalkan ketajaman kamera tersebut pada 2023.

Karena jaraknya masih cukup jauh, belum diketahui apakah mereka akan tetap menggunakan sensor ISOCELL HP1 atau versi yang lebih baru. Sensor ISOCELL HP1 buatan Samsung memiliki pixel berukuran 0,64μm.

Di kondisi minim cahaya, senor ini menggunakan teknologi pixel binning bernama ChameleonCell yang bisa menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel besar.

Kedua konfigurasi ini bisa mengubah ISOCELL HP1 menjadi sensor 50 MP dengan pixel 1,28μm, atau sensor 12,5 MP dengan pixel 2,56μm.

Mode 50 MP juga memungkinkan sensor ISOCELL HP1 untuk merekam video berkualitas 8K.