spot_img
BerandaNewsRumourApple Bakal Pakai Chip Sillicon Fabrikasi 3nm Untuk Mac 2023

Apple Bakal Pakai Chip Sillicon Fabrikasi 3nm Untuk Mac 2023

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut laporan terbaru Apple bakal beraloh ke chip 3nm pada tahun 2023 untuk Mac dan iPhone-nya.

Chip laptop generasi ketiga diberi kode nama “Ibiza”, “Lobos”, dan “Palma” serta diharapkan menjadi variasi dari M1, M1 Pro, dan M1 Max.

Namun Apple akan tetap menggunakan proses 5nm untuk SoC-nya pada tahun 2022, tetapi mereka akan sedikit menyesuaikan proses pembuatannya.

Selain itu Apple diperkirakan akan memproduksi chip dengan dua dadu pada tahun 2022, kemungkinan dimaksudkan untuk Mac Pro.

Chip Apple Silicon tercepat saat ini, M1 Max, dibuat dengan satu cetakan, jadi pada dasarnya dapat mengharapkan chip M1 Max ganda dengan dukungan untuk 40 inti CPU yang siap untuk Mac Pro potensial pada tahun 2022.

Bagi yang belum tahu, Apple Silicon M1 Pro dan M1 Max memiliki fabrikasi sebesar 5nm. Selain perubahan dari segi fabrikasi, chipset baru Mac 2023 akan memiliki perubahan dari segi jumlah inti utama CPU (Core).

Chipset baru tersebut rumornya akan memiliki 40 Core, lebih banyak dari M1 Pro dan M1 Max yang hanya punya 10 Core. Dengan jumlah Core yang bertambah banyak hampir 4x lipat, Apple menyebut chipset baru Mac 2023 sebagai ‘lompatan yang jauh lebih besar.

Sementara itu, Apple dikabarkan tidak hanya akan menyematkan chipset baru itu di perangkat Mac 2023 saja. Tetapi, ada satu perangkat gadget lain besutan Apple yang juga akan menggunakan chipset baru itu. Satu perangkat gadget lain yang akan menggunakan versi baru chipset Apple Silicon adalah smartphone iPhone keluaran tahun 2023.

Nantinya, chipset yang dipakai di iPhone 2023 akan sama persis dengan Apple Silicon di Mac 2023, mulai dari fabrikasi sampai jumlah Core-nya.

Sebelumnya, Apple merilis update berbekal perbaikan untuk permasalahan yang mengakibatkan kerusakan saat menginstal macOS Monterey.

Sistem operasi Mac terbaru Apple ini dilaporkan memiliki bug yang mengakibatkan kerusakan pada sejumlah perangkat Mac versi lama yang menginstal macOS Monterey. Apple menyebut hal ini disebabkan permasalahan pada firmware di chip T2.

Baca Juga:Apple MacBook Pro Bertenaga Chipset M1X Meluncur Bulan Ini?

Sementara itu, Apple perlahan melakukan update pada perangkat karyanya dengan layar refresh rate 120Hz dimulai dari iPad Pro pada beberapa tahun lalu, sebelum menghadirkan layar tersebut pada iPhone 13 tahun ini, dan MacBook Pro generasi terbaru.

Kini, perangkat yang akan didukung layar dengan refresh rate 120Hz adalah iPad mini. Unggahan di forum Korea Selatan yang dibagikan FronTon di Twitter mengklaim bahwa Apple tengah menguji layar Samsung berukuran 8,3 inci dengan refresh rate 120Hz

Artikel Terbaru