spot_img
BerandaInsight4 Industri Teknologi Akan Semakin Maju Pada Tahun 2022

4 Industri Teknologi Akan Semakin Maju Pada Tahun 2022

-

Jakarta, Selular.ID – Melihat faktor internet yang akan semakin cepat karena hadirnya layanan jaringan 5G. Otomatis akan mempengaruhi kemajuan teknologi saat ini, Kemajuan teknologi juga banyak mempengaruhi hidup manusia.

Karena seperti Netflix yang tadinya hanya melakukan produksi film dan serialnya sendiri pada tahun 2013. Saat ini Netflix adalah layanan streaming terbesar dengan aplikasi yang diinstal di hampir setiap SmartTV.

Ini menunjukkan bahwa teknologi dan tren saling menggantikan dengan kecepatan kilat. Dan dampak dari pandemi coronavirus juga bisa semakin mempercepat kemajuan teknologi, Lalu penulis akan membagikan kemajuan teknologi yang akan maju di tahun 2022 seiringan dengan era 5G, berikut Ulasannya :

  1. Penggunaan kecerdasan buatan (AI)

Sebelumnya kecerdasan buatan (AI) tampaknya menjadi teknologi yang ada di fiksi ilmiah seperti di film fantasi. Namun hari ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari di berbagai bidang.

Seperti Manufaktur yang menerapan AI ke dalam pengoperasian jalur perakitan, otomatisasi proses produksi dan pengurangan input manusia.

Bidang finansial menggunakan kecerdasan buatan dalam pengembangan aplikasi komersial, otomatisasi, dan pelaksanaan operasi IT.

Kesehatan, mengunakan AI sebagai analisis data medis yang kompleks, diagnosis penyakit dan pengobatan. Saat ini perusahaan-perusahaan terbesar sedang menyalurkan anggaran besar ke dalam pengembangan IT untuk obat-obatan. Diantaranya adalah IBM, Microsoft, Google, Intel dan Medtronic.

Pendidikan, belajar bahasa asing menggunakan AI, serta pembuatan jalur pendidikan yang disesuaikan untuk setiap siswa. Sejauh ini, ada sedikit kemajuan di bidang ini, tetapi itu akan terjadi.

Bahkan di industri kencan, kecerdasan buatan sangat bagus dalam menganalisis akun pengguna dan menemukan mereka yang cocok, yang semuanya telah mencapai tingkat baru yang canggih.

  1. Perkembangan pesat teknologi cloud

Para ahli percaya bahwa pada akhir tahun 2021 pasar global untuk infrastruktur cloud publik akan meningkat sebesar 35% dan akan berjumlah sekitar $120 miliar. Dan akan lebih banyak lagi di tahun 2022.

Bisnis dan perusahaan sudah menggunakan teknologi dan komputasi awan untuk pengoptimalan alur kerja. Beberapa perusahaan IT di Indonesia, secara dramatis meningkatkan keuntungan mereka tahun ini dengan memperluas infrastruktur cloud mereka. Dengan demikian, Microsoft Azure menunjukkan peningkatan sebesar 47%, dan Google Cloud 43%.

Selain perusahaan para pengguna biasa juga bisa menggunakan teknologi cloud, seperti  iCloud dari Apple, dan Google Drive dengan penawaran serupa, ditambah DropBox dan banyak lainnya. Tambahkan ke cloud gaming ini, yang baru saja dihadirkan. diantaranya: GeForce NOW, PLAYKEY, PS Now, Google Stadia, dan lainnya.

  1. Augmented reality di jejaring sosial dan proyek komersial

Masih ingat beberapa tahun lalu semua orang mainkan game AR Pokemon Go? Iitu adalah langkah awal dari pengenalan augmented reality di smartphone, dan kemudian di jejaring sosial.

Saat ini masker dan filter di Instagram atau Tiktok sudah menjadi hal yang lumrah. Mereka digunakan untuk lebih dari sekadar hiburan dan ekspresi diri. Banyak merek menggunakan filter dari teknologi AR sebagai bagian dari kampanye iklan mereka.

Ini juga termasuk penggunaan AR oleh banyak platform komersial. Misalnya, seperti teknologi membaca tingkat kesehatan yang ada di fitur smartband, untuk bisa mengontrol kita untuk tetap hidup sehat.

Benar, dalam kasus ini teknologi digunakan terutama untuk menarik perhatian dan meningkatkan minat. Hal yang unik juga dilakukan oleh IKEA dalam menggunakan augmented reality diaplikasinya selama beberapa tahun. Yaitu teknologi AR yang membuat pelanggan dapat memilih jenis furnitur tertentu dan menempatkannya langsung di kamar mereka. Di layar ponsel, Anda dapat melihat bagaimana furnitur cocok dengan interior, warna apa yang paling cocok, dan sebagainya.

  1. Streaming interaktif dan Random Chat

Jika 10-15 tahun yang lalu Internet cepat tanpa batas adalah cerita dari  kota-kota besar di negara maju, sekarang hampir di mana-mana. Dan dengan jaringan 4G dan 5G, Anda dapat melupakan kabel dan modem.

Tak heran, streaming dan penyiaran video dalam segala bentuk menjadi sangat populer saat ini. Format ini sangat ideal untuk menemukan informasi, komunikasi, dan mencari teman baru dengan cepat. Dan sekarang ada banyak format streaming interaktif seperti:

Streaming didedikasikan untuk acara tertentu. Misalnya, perusahaan perusahaan smartphone ingin memperkenalkan produk baru melalui platform video streaming, yang semua orang dapat menontonnya secara real time.

Streaming untuk game. Fenomena ini masih jauh dari baru, tetapi masih berkembang pesat di sebagian besar negara.

Live streaming di media sosial. Kemungkinan hampir setiap pengguna Instagram mencoba meluncurkan aliran video mereka sendiri setidaknya sekali. Jejaring sosial lainnya juga tidak ketinggalan. Facebook dan YouTube telah mendukung streaming selama bertahun-tahun.

Dan bahkan beberapa situs obrolan video acak telah memperoleh fungsi ini. Misalnya, mengobrol dengan orang asing di Ome TV Emeraldchat, Camsurf, CooMeet, Chatrandom, dan lainnya. Nantinya pengguna berkomunikasi dengan orang asing secara tatap muka melalui tautan video dengan persyaratan yang dimilki platform yang bahkan mbisa menjadi sebuah wadah mendapatkan pertemanan baru.

BACA JUGA : Peran NFT Dalam Masa Depan Karya Seni

Artikel Terbaru