spot_img
BerandaNewsMarket UpdateLaporan: Pendapatan Layanan 5G Global Melebihi $600 Miliar Pada 2026

Laporan: Pendapatan Layanan 5G Global Melebihi $600 Miliar Pada 2026

-

Jakarta, Selular.ID – Pendapatan global dari layanan 5G diprediksi akan meningkat menjadi lebih dari $600 miliar pada 2026. Kemampuan data lanjutan dari jaringan generasi berikutnya akan mendorong penerapannya di berbagai bidang seperti game seluler dan realitas imersif. Demikian studi baru dari Juniper Research mengungkapkan hal itu.

Pada akhir tahun 2021, pendapatan global dari layanan 5G diproyeksikan mencapai $73 miliar, naik 250% dari tahun ke tahun dari $20 miliar pada tahun 2020, menurut temuan tersebut.

“Mengingat berbagai persyaratan dari kasus penggunaan 5G ini, alat orkestrasi jaringan yang memungkinkan manajemen kinerja jaringan secara real-time adalah kunci untuk menyediakan layanan yang memenuhi permintaan pelanggan 5G dan memungkinkan operator untuk sepenuhnya memaksimalkan pendapatan layanan 5G,” kata Dave Bowie, penulis laporan itu.

Operator telekomunikasi akan memperoleh 8,5% dari pendapatan mereka dari teknologi nirkabel generasi kelima karena mereka mencari pengembalian investasi modal yang besar, katanya.

Namun, karena jangkauan geografis dan dukungan perangkat berkembang selama lima tahun ke depan, perusahaan telekomunikasi perlu mempersiapkan jaringan mereka sesuai dengan itu.

Untuk itu, perusahaan riset global merekomendasikan bahwa perusahaan telekomunikasi harus memusatkan upaya pada virtualisasi fungsi jaringan inti di tengah adopsi 5G yang cepat.

Juniper memperkirakan bahwa operator akan menghadapi tantangan dalam memenuhi permintaan data seluler yang timbul dari jaringan 5G. Pasalnya data selular yang dihasilkan oleh koneksi 5G akan meningkat menjadi 1,5 juta Petabyte secara global pada tahun 2026, di mana 80% dari data 5G yang dihasilkan akan dikaitkan dengan jaringan broadband selular.

Baca juga :  Gandeng Sony, TSMC Berniat Bangun Pabrik Chip Senilai $7 Miliar
Baca juga :  Menjual Smartphone Bekas jadi Solusi Pedagang

Untuk mendukung pertumbuhan di sisi mobile broadband, perusahaan riset merekomendasikan bahwa operator harus meningkatkan virtualisasi jaringan dan orkestrasi jaringan, dan mendesak percepatan peluncuran infrastruktur backhaul serat optik.

spot_img

Artikel Terbaru