Selasa, 23 Juli 2024
Selular.ID -

Telkomsigma Maksimalkan Operasi 18 Edge Data Center

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Adanya tuntutan low latency oleh industri serta keberadaan perangkat IoT dan artificial intelligence yang tersebar luas di berbagai lokasi, menjadikan operasi komputasi berbasis edge computing semakin penting untuk mempercepat pengolahan data dari lokal dan perangkat Internet of Things (IoT) ke sistem cloud.

Bhimo Aryanto, CEO Telkomsigma, menuturkan seiring dengan perluasan akomodasi edge computing tersebut, kesiapan infrastruktur edge data center yang terkoneksi di berbagai titik yang tersebar luas tak kalah penting untuk dipersiapkan secara matang.

Operasi 18 Edge Data Center

“Edge data center sebagai pondasi dari komputasi lokal yang mampu menghasilkan low latency sangat dibutuhkan dalam operasi sensor IoT, video streaming, AR/VR, yang menghasilkan big data dan membutuhkan pemrosesan data secara real-time,”urai Bhimo.

Untuk mengoperasikan edge data center sendiri bukanlah persoalan yang mudah. Perlu adanya tata kelola sistem yang efektif sekaligus efisien serta mengacu pada standar best practice guna mewujudkan operasi yang always on.

Perlu diketahui, Telkomsigma bertugas memaksimalkan manage operation terhadap seluruh aspek operasional, dijelaskan Bhimo, atas kinerja Telkomsigma sangat solid dalam menerapkan tata kelola dan manajemen operasi yang andal pada 18 edge data center milik TelkomGroup (neuCentriX), termasuk didalamnya menangani kebutuhan rancang bangun, monitoring operasi 24×7, serta melakukan periodic maintenance di seluruh premises data center.

Sebagai penyedia data center lebih dari 20 tahun, dan melihat hasil kinerja yang dilakukan, Telkomsigma baru saja memperoleh penghargaan dalam ajang Frost & Sullivan Best Practices Awards dalam kategori “2021 Indonesia Edge Data Center Competitive Strategy Leadership Award”.

“Apresiasi Frost & Sullivan selain membuktikan keunggulan kompetitif Telkomsigma, juga menjadi pemacu semangat kami untuk terus hadir sebagai partner transformasi digital melalui keberadaan infrastruktur data center, cloud, dan juga layanan ICT yang unggul serta relevan di tengah tren kebutuhan sektor digital yang terus berkembang ”, tutur Bhimo.

Bhimo menambahkan, sehingga tidak mengherankan atas kinerja solid Telkomsigma dalam menerapkan tata kelola dan manajemen operasi yang andal pada 18 edge data center milik TelkomGroup (neuCentriX), yang tersebar beberapa kota di Indonesia, Telkomsigma berhasil diapresiasi dalam Frost & Sullivan melalui kategori award edge data center.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU