spot_img
BerandaNewsTelcoGelar Layanan 5G, XL Axiata Gunakan Frekwensi 1.800 Mhz

Gelar Layanan 5G, XL Axiata Gunakan Frekwensi 1.800 Mhz

-

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata tengah bersiap menggelar layanan 5G. Anak perusahaan Axiata Malaysia itu, tak ingin Telkomsel dan Indosat Ooredoo melenggang di bisnis 5G yang akan menjadi mesin utama pertumbuhan operator selular di masa depan.

Diketahui XL telah melaksanakan ULO (Uji Layak Operasi) yang dilakukan sepanjang tanggal 3-5 Agustus 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

XL Axiata pun telah mengantongi Sertifikat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia. Sembari melakukan persiapkan komersialisasi 5G, XL menggelar showcase layanan 5G di empat kota di Indonesia, sejak 18 Agustus 2021.

Keempat kota yang dimaksud adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Demo ini berlangsung di XL Center yang ada di keempat kota. Selain di empat kota di atas, jaringan 5G XL Axiata juga tersedia di sebagian Jalan Margonda, Depok, dan area Gedung Sate, Kota Bandung. Selanjutnya Medan, Banjarmasin, dan Makassar akan menjadi kota 5G XL Axiata berikutnya. Ketiganya ditargetkan akan siap pada pertengahan September 2021.

Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuni, untuk tahap awal implementasi layanan 5G, pihaknya akan menargetkan  pelanggan mobile, karena memperhitungkan keterbatasan spektrum. Sekedar diketahui, layanan 5G yang dibesut oleh XL Axiata akan berjalan pada pita frekuensi 1.800MHz dengan lebar pita 20MHz, dalam rentang 1.807,5MHz sampai 1.827,5MHz.

Keputusan XL menggunakan spektrum 1.800MHz untuk menggelar 5G, mengikuti langkah yang sama dilakukan oleh Indosat Ooredoo. Sebelumnya dalam peluncuran 5G pada Juli lalu, Indosat juga memanfaatkan frekuensi 1.800MHz dengan lebar pita yang sama. 

Meski akan menggelar layanan serupa, Head of Technology XL Axiata, Tetra Siti Sarah menjelaskan bahwa yang menjadi pembeda adalah ada pada usaha fiberisasi XL Axiata yang telah digulirkan sejak beberapa tahun lalu. 

“Saat ini layanan 5G kami masih menggunakan spektrum LTE, persis yang dilakukan oleh operator lainnya. Yang menjadi pembeda adalah upaya fiberisasi, diharapkan tidak hanya radionya saja jaringan transport juga akan siap 5G kedepan, dengan segala keterbatasan yang kami miliki,” tuturnya.

Baca juga :  Berbekal 5G Experience Center, Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Sambangi Surabaya
spot_img

Artikel Terbaru