spot_img
BerandaNewsEnterprise17 Tahun Oppo: Evolusi Produsen MP3 Player Menjadi Perusahaan Teknologi Global

17 Tahun Oppo: Evolusi Produsen MP3 Player Menjadi Perusahaan Teknologi Global

-

Jakarta, Selular.ID – Ponsel pertama Oppo mendarat di Indonesia pada tujuh tahun silam. Namun perusahaan merayakan hari jadinya yang ke-17 tepat pada 17 September 2021.

Selama 17 tahun berkarya di dunia inovasi teknologi, Oppo berhasil membuat beberapa terobosan pada teknologi 5G, kecerdasan buatan, pencitraan dan VOOC Flash Charge untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumennya.

Pada awalnya, Oppo memulai bisnisnya pada sektor multimedia yang berfokus pada pemutar musik portabel, seperti pada Oppo MP3 X3 Player yang diperkenalkan pada 2005, merupakan pemutar musik berjenis MP3 yang memiliki desain menarik kala itu. Produk ini dikemudian hari desainnya menjadi inspirasi dari sebuah stereo bluethooth earphone premium, Oppo Enco X.

Di sisi audio video, kala itu Oppo memiliki perusahaan khusus yang Bernama Oppo Digital yang memproduksi berbagai perangkat audio – video dengan kualitas tinggi, seperti pemutar blu-ray yang selau mendapat penghargaan di Kawasan Eropa dan Amerika, headphone bertipe planar magnetic yang tampil mewah namun dengan harga yang terbilang terjangkau dan juga amplifier baik yang berjenis desktop maupun portable yang kala itu berpadu dengan teknologi pengisian VOOC Flash Charge.

Sayangnya, perusahaan ini menghentikan operasinya pada tahun 2018 akibat persaingan blue ray dengan video streaming berkualitas tinggi.

Jika dilihat pada produksi perangkat ponsel. Oppo memulai karinya dengan menghadrikan produk Oppo A103 pada tahun 2008. Perangkat ini dikenal dengan Oppo Smiley karena pada bagian belakang dari kamera ponsel ini menghadirkan bentuk emotikon senyum yang sangat ikonik. Saat itu Oppo sangat berhasil dalam menjual ponsel berjenis feature phone ini di awal-awal perkembangan sebuah smartphone.

Baca juga :  Cegah Panas Saat Bermain Mobile Game

Tahun yang sama, Oppo mulai mengembangkan ekspansinya ke level global dan hingga saat ini hadir pada 50 negara di dunia. Data tahun 2020 mencatat ada 40.000 karyawan Oppo yang tersebar di seluruh dunia.

Sementara di 2011 Oppo baru masuk ke pasar smartphone dengan perangkat Oppo X903 yang terkenal dengan Find Me. Kala itu, Oppo mengandeng Leonardo Di Caprio sebagai persona mereknya.

Baca juga :  Rick Tsai : Semakin Tua Semakin Sukses di Dunia Teknologi

2019 menjadi sebuah revolusi besar dalam sejarah Oppo yang berubah dari produsen smartphone menjadi perusahaan teknologi. Oppo mulai berfokus mengembangkan berbagai macam teknologi, mulai dari pengembangan sistem Hybrid Zoom, pengisian daya cepat baru seperti Flash Charge 125Watt bahkan AirVOOC 30Watt. Keseriusan pada pengembangan jaringan 5G SA (Stand Alone) dan menerapkan pertama kalinya di Inggris dan bekerjasama untuk percepatan komersialisasi 5G dengan lebih dari 50 operator global dan pengembangan ekosistem cerdas yang baru.

Kesemuanya ini Oppo lakukan untuk mendekatkan teknologi kepada manusia dan untuk menciptakan sebuah ekosistem cerdas yang terbuka dan dapat dimanfaatkan seluruh umat manusia.

spot_img

Artikel Terbaru