spot_img
BerandaDevicesTSMC Bangun Pabrik Baru untuk Garap Prosesor 2nm

TSMC Bangun Pabrik Baru untuk Garap Prosesor 2nm

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen prosesor Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dikabarkan sedang mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung produksi prosesor dengan teknologi fabrikasi terbaru.

Untuk meningkatkan upaya tersebut, TSMC dilaporkan telah mendapat dukungan pemerintah untuk memulai pembangunan pabrik yang paling canggih, yang kabarnya bakal digunakan untuk membuat prosesor 2nm.

Baca juga: Intel Targetkan Kuasai Industri Chip di 2025

Pembangunan pabrik terbaru TSMC ini rencanannya akan dimulai paling cepat awal 2022. Dan tentu rencana ini juga kuat dugaan untuk menutup langkah Intel yang memiliki rencana untuk menguasai industri chip di 2025 mendatang.

Sebelumnya, prosesor 3nm dari TSMC dilaporkan akan mulai diproduksi pada akhir 2022. Sementarai itu, Intel baru akan meluncurkan prosesor 7nm antara akhir 2022 dan awal 2023.

Dengan rencana pembangunan pabrik untuk produksi prosesor 2nm, yang diharapkan bisa debut pada 2023, tentu Intel kembali akan ketinggalan dalam kompetisi prosesor ini.

Selain itu TSMC juga dilaporkan tengah memperluas salah satu pabriknya yang ada di Nanjing, Tiongkok, dan membangun pabrik baru lainnya di Arizona, untuk memasok prosesor dengan lebih baik kepada perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika Serikat. Apple, yang merupakan pelanggan dari TSMC, diperkirakan akan menggunakan prosesor canggih untuk iPhone di generasi mendatang.

Sementara Intel dikabarkan bakal mulai membuat chip untuk Qualcomm dan Amazon, langkah ini menjadi penting untuk memecah dominasi pesaing beratnya sebut saja seperti TSMC dan Samsung Electronic.

Baca juga :  BenQ GV30, Proyektor Portabel Dengan Dukungan 2.1 Channel Extra Bass

Baca juga: Penjualan Chip Melonjak, Pendapatan TSMC Naik 20%

Qualcomm akan menggunakan proses pembuatan chip 20A miliki Intel, yang akan menggunakan teknologi transistor baru untuk membantu mengurangi daya yang dikonsumsi chip.

Baca juga :  Keunggulan Orbit Hybrid Router Hasil Kolaborasi Advan dan Telkomsel

Lalu Amazon yang dilaporkan juga semakin gencar membuat chip untuk pusat datanya sendiri yaitu Amazon Web Services-nya, akan menggunakan teknologi pengemasan, proses perakitan chip dan chiplet Intel.

spot_img

Artikel Terbaru