BerandaNewsMarket UpdatePenjualan Chip Melonjak, Pendapatan TSMC Naik 20%

Penjualan Chip Melonjak, Pendapatan TSMC Naik 20%

-

Jakarta, Selular.ID –┬áProdusen chip yang digunakan Apple dan perusahaan teknologi lain termasuk mobil, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), baru saja melaporkan peningkatan pendapatan 20% untuk kuartal kedua perusahaan.

Untuk periode yang berakhir pada bulan Juni, TSMC menerima NT$372,1 miliar ($13,3 miliar USD). Sebagian besar analis memperkirakan NT$371,3 miliar untuk tiga bulan.

Hanya untuk bulan Juni, perusahaan melaporkan peningkatan pendapatan sebesar 23% menjadi NT$148,5 miliar. Menurut Bloomberg, analis Citi mencatat, kekurangan chip meningkatkan harga TSMC yang memungkinkan perusahaan untuk menebus uang yang dihabiskan untuk pabrik baru termasuk fasilitas senilai $12 miliar yang sedang dibangun di Phoenix, Arizona.

Dan terobosan teknologi perusahaan dalam EUV (extreme ultraviolet lithography) memberikan keuntungan besar dibandingkan rekan-rekannya. Litografi EUV menggunakan gelombang ultraviolet untuk menandai wafer dengan pola sirkuit untuk penempatan transistor.

Berkat pandemi, terjadi kekurangan chip serius yang memengaruhi ketersediaan chip untuk smartphone, tablet, dan mobil. Awal pekan ini, produsen kendaraan Daimler AG dan Jaguar Land Rover mengatakan produksi mereka akan terhambat karena kekurangan chip. Kita berbicara tentang beberapa angka serius di sini karena Jaguar Land Rover mengatakan pengiriman mereka pada kuartal kedua akan menjadi setengah dari jumlah yang diharapkan sebelumnya.

United Microelectronics Corp., produsen chip yang lebih kecil dari TSMC, mengatakan permintaan chip tetap melebihi pasokan hingga tahun 2023. Itu adalah kabar baik bagi perusahaan seperti TSMC yang kabarnya telah memulai produksi pada chip ‘sekuel’ Apple, M1. M1 sendiri diproduksi menggunakan node proses 5nm TSMC, dikemas dengan 16 miliar transistor dan digunakan pada perangkat seperti Mac dan iPad Pro (2021).

Bulan lalu tersiar rumor TSMC berencana memulai produksi chip 4nm kuartal depan. Perubahan besar berikutnya diprediksi terjadi tahun depan ketika TSMC memulai produksi chip menggunakan node proses 3nm-nya.

Artikel Terbaru