spot_img
BerandaSmartphoneSeberapa Penting Focal Length di Kamera Smartphone

Seberapa Penting Focal Length di Kamera Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Jarak fokus lensa atau (focal length), sangat berguna untuk menentukan seberapa jauh atau lebar kemampuan lensa saat memotret. Dari jarak focal lensa inilah kemudian muncul istilah lensa wide, lensa normal dan lensa tele. Focal lensa juga berkaitan dengan Angle of View, yang mana semakin pendek fokalnya maka semakin luas bidang gambar yang bisa masuk frame foto. Dan biasa menyebutnya sudut lebar alias wideangle dengan satuan derajat.

Untuk saat ini kamera smartphone sudah mendukung focal length, salah satunya adalah Oppo Reno6 yang dilengkapi dengan 64MP Quad Cam dan 44MP Front Camera.

Sebagai contoh, kamera belakang Oppo Reno6 memiliki resolusi 64MP dengan aperture atau diafragma f/1.7 serta field of view (FOV) atau ruang pandang 79.5°. Lensa 6P ini mendukung Autofokus dan memiliki close-loop focus motor. Kamera utama ini memiliki focal length 26 mm, mampu menghasilkan foto dengan ukuran maksimal 6.936 x 9.248 (64MP).

Lantas kamera Ultra Wide-angle 8MP memiliki aperture f/2.2, FOV 119° dengan fokus tetap. Kamera ketiga Makro 2MP memiliki aperture f/2.4, FOV 89°, dan fokus tetap. Sementara itu, kamera terakhir Mono 2MP juga punya bukaan f/2.4, FOV 89°, dan fokus tetap.

Di bagian depan, Oppo Reno6 mengandalkan kamera selfie dengan resolusi 44MP, diafragma f/2.4, dan FOV 85 derajat. Kamera swafoto ini dilengkapi dengan focal length yang sama dengan kamera utama, yakni 26 mm dan mampu menghasilkan citra dengan ukuran maksimal 5.760 x 7.680 (44MP).

Panjang fokus atau focal length menentukan ruang pandang dan perbesaran. Sebenarnya, focal length di sebagian besar kamera ponsel cerdas tidak terlalu berguna bagi orang yang akrab dengan istilah fotografi sebab sensornya yang cukup kecil. Selain itu, seringkali kita menemui tulisan focal length setara 35mm. Kesetaraan ini artinya seberapa panjang fokus yang perlu dimiliki lensa kamera apabila ingin menghasilkan gambar setingkat kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan sensor format 35mm.

Baca juga :  Realme GT Neo2 Usung Chipset Snapdragon 870, Dibandrol Mulai Rp5,9 Jutaan

Dari standar lensa 35mm tradisional ini kemudian memudahkan bagi pengguna untuk mengelompokkan lensa kamera ke dalam jenis yang berbeda. Semisal ukuran lensa 18-35mm maka menunjukkan lensa sudut lebar, 35-60mm adalah lensa ‘normal’, dan di atas 60mm adalah fokus panjang atau lensa telefoto/ zoom. Semua kamera ponsel cerdas termasuk dalam kategori lensa sudut lebar, biasanya sekitar 24-30mm. Semakin besar angkanya, semakin kecil sudut lebar lensanya.

Baca juga :  Foto Produk Jualan Online Bisa Menggunakan Smartphone

Baca Juga:Tiga Karakteristik 5G yang Tersemat di Oppo Reno6 Series

Tidak ada banyak perbedaan antara panjang fokus pada kamera ponsel cerdas. Meskipun ada beberapa merek ponsel cenderung menggunakan lensa sedikit lebih lebar, sebenarnya tidak membuat perbedaan besar dalam penggunaan praktis sehari-hari. Y

Yang penting di smartphone justru fitur-fitur berbasis Articial Intelligence (AI) yang mampu mendongkrak hasil foto lebih kreatif, unik, dan menarik. Sebagai contoh fitur di Oppo Reno6 seperti Flash Snapshot yang didukung Image Clear Engine, Ultra-clear Image 108MP, atau AI Palette, yang memudahkan kamu untuk menjepret foto di berbagai suasana. Apalagi OPPO Reno6 kian lengkapi fitur-fitur serunya, yang dulu hanya tersedia untuk fotografi, kini dioptimalkan untuk video seperti Bokeh Flare Portrait Video, AI Highlight Video, Portrait Beautification Video, dan AI Color Portrait.

 

spot_img

Artikel Terbaru