Mobile Legends: Bang Bang Mendominasi Pasar Mobile Game Indonesia 2021

Jakarta, Selular.ID – Di era pandemi ini, perkembangan industri mobile gaming di seluruh dunia, termasuk Indonesia kian meroket. Berdasarkan laporan lembaga riset App Annie bertajuk 2021 Mobile Gaming Tear Down: Key Trends on Subgenres, Monetization & User Acquisition, Indonesia merupakan pasar terbesar ke-4 untuk unduhan game mobile di dunia pada H1 2021.

Game yang paling banyak dimainkan oleh gamer Indonesia hingga tahun 2021 ini adalah game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Ini dikarenakan game bergenre MOBA, RPG dan Simulasi telah berkembang pesat dan paling banyak diminati masyarakat Indonesia sampai tahun 2021 ini.

 

Seperti kita ketahui bersama, Mobile Legends: Bang Bang dirilis sejak 2016 untuk perangkat berbasis Android dan iOS. Hingga saat ini, jumlah download game Mobile Legends: Bang Bang di Play Store untuk perangkat Android berjumlah lebih dari 100 juta unduhan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mobile Legends: Bang Bang juga masih menjadi game favorit di Play Store dengan urutan nomor tiga selama Agustus 2021.

Baca juga: Video: Gaming Test Mobile Legend, Push Rank di Realme C25s Bisa Savage?

Sementara itu, unduhan utama subgenre hypercasual, 4 dari 10 subgenre yang paling banyak diunduh di semua game tertuju pada hypercasual. Subgenre Puzzle dan Action masing-masing tumbuh 16% dan 37% YoY (year-on-year) per tahun-nya dalam permintaan. Game Happy Glass paling banyak di download dari genre Hypercasual lain, dengan total 100 juta unduhan dalam 62 hari.

“Game seluler telah mengalami pertumbuhan besar selama setahun terakhir, menciptakan peluang besar. Karena preferensi konsumen dalam subgenre terus berkembang pesat. Hal ini menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk mengetahui apa yang sedang tren di sekitar,” jelas Sam Yang, SVP Global Field Operations, App Annie kepada Selular ID.

Jumlah pengguna game mobile pada awal pandemi hingga saat ini di seluruh dunia, termasuk Indonesia tetap stabil. Total download game mobile mingguan pertama kali melampaui 1 miliar pada Maret 2020.

Baca juga: Industri Game di Indonesia Masih Seksi

Para mobile gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia, banyak menguras uang untuk membeli item game pada semester pertama tahun 2021. Total mobile gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia telah menghabiskan USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 24 triliun per minggu untuk game mobile. Dibandingkan sebelum pandemi, jumlah mobile gamer di seluruh dunia mengalami peningkatan 40% di tahun 2021 ini.

Tercatat, pada Semester 1 tahun 2021, lebih dari 810 game dengan total pengeluaran mobile gamer melebihi USD 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar setiap bulan. Dibandingkan periode yang sama di tahun 2019, terjadi peningkatan sebesar 25%. App Annie memprediksikan total pembelanjaan di mobile game untuk para mobile gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia mencapai USD 120 miliar atau setara 1.723 Triliun selama tahun 2021.