BerandaNewsTelcoMedan, Banjarmasin dan Makasar Jadi Kota 5G XL Axiata Selanjutnya

Medan, Banjarmasin dan Makasar Jadi Kota 5G XL Axiata Selanjutnya

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah berhasil menggelar jaringan 5G di lima kota, yaitu Depok, Jakarta Selatan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, XL Axiata secara bertahap terus memperluas jaringan 5G ke kota-kota lainnya.

Head of Technology XL Axiata, Tetra Siti Sarah menjelaskan Medan, Banjarmasin, dan Makassar akan menjadi kota 5G XL Axiata berikutnya, ditargetkan akan siap pada pertengahan September 2021.

“Kota-kota ini dipilih berdasarkan kesiapan infrastruktur jaringan yang ada untuk penggelaran 5G. Pelanggan dan masyarakat di ketiga kota tersebut akan dapat mencoba akses layanan 5G di masing-masing XL Center,” terang Tetra disela acara XL Axiata Jalin Kemitraan dengan IPB dan Polman Astra, Rabu (25/8).

Baca juga: Implementasi Tahap Awal 5G XL Axiata Bakal Sasar Pelanggan Mobile

Perluasan jaringan 5G ini menjadi bagian dari upaya percepatan penyiapan ekosistem yang diperlukan, kolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan smartphone 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

Ketika ditanya apa yang membedakan 5G XL Axiata dengan rekan operator lainya yang juga sudah komersialisasi layanan 5G, Tetra menekankan yang menjadi pembeda ialah ada pada usaha fiberisasi XL Axiata yang telah digulirkan beberap tahun lalu.

Baca juga: Tokopedia Jadi Modern Channel Master Aggregator XL Axiata 

Baca juga :  XL Satu Gabungkan Layanan Internet Berbasis Fiber Optik dan Seluler

“Saat ini layanan 5G kami masih menggunakan spektrum LTE, percis yang dilakukan oleh operator laininya. Yang menjadi pembeda itu upaya fiberisasi kami, diharapkan tidah hanya radionya saja jaringan transport juga akan siap 5G kedepan, dengan segala keterbatasanya yang kami milki,” tuturnya.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga :  Beli Paket Internet Axis Sekarang, Banyak Hadiah

Baca juga: Komersialisasi 5G XL Axiata Sudah di Depan Mata, Smartfren Menyusul?

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Dan untuk menggelar layanan 5G, XL Axiata digelar pada pita frekuensi 1.800MHz dengan lebar pita 20MHz, dalam rentang 1.807,5MHz sampai 1.827,5MHz.

Artikel Terbaru