spot_img
BerandaNewsTelcoKomersialisasi 5G XL Axiata Sudah di Depan Mata, Smartfren Menyusul?

Komersialisasi 5G XL Axiata Sudah di Depan Mata, Smartfren Menyusul?

-

Jakarta, Selular.ID –  Rencana XL Axiata untuk komersialisasi 5G sudah didepan mata, pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) yang dilakukan sepanjang tanggal 3-5 Agustus 2021, sudah tuntas terlaksana oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“ULO untuk perangkat 5G frekuensi 1.800 MHz yang akan digunakan oleh XL Axiata telah selesai dilakukan oleh Kementerian Kominfo. Sekarang tinggal menunggu keputusan hasil, dan penerbitan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang nanti akan diumumkan secara resmi,” ujar juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, kepada Selular, Senin (9/8) siang.

Baca juga: Kawasan Industri Jadi Pengembangan layanan 5G XL Axiata?  

Sekedar informasi, SKLO diberikan Kominfo usai operator seluler dinilai berhasil dan sukses melalui tahapan ULO, sebagai syarat wajib sebelum melakukan komersialisasi layanan 5G ke pelanggan.

Untuk detail kapan penggunguman SKLO XL Axiata, Kominfo belum mau terbuka, namun yang pasti jika berhasil. Operator yang beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 itu bakal menjadi operator ke tiga yang memiliki layanan 5G di tanah air, setelah Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

Dan tak hanya XL Axiata, Smartfren juga dikabarkan bersiap mengajukan ULO 5G ke Kementerian Kominfo. Hanya saja dalam konfirmasinya, Dedy menyebut bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima pengajuan resmi dari Smartfren terkait pelaksanaan ULO 5G.

Baca juga: Menakar Niat Gelaran Layanan 5G XL Axiata di Tanah Air 

Sedangkan kabar terakhir yang diterima oleh tim Selular, operator yang identik berwana merah itu sedang melakukan persiapan disisi network untuk mengajukan ULO secepatnya.

“Kami yakin 5G ini adalah teknologi yang akan berkembang dan bermanfaat di masa depan. Ada banyak used case yg akan mendapatkan mafaat dari teknologi 5G dan tentu saja Smartfren akan mendorong agar ekosistem untuk pemanfaatan teknologi 5G ini semakin berkembang,” tutup Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Artikel Terbaru