spot_img
BerandaAppsGrabNEXT: Peningkatan Pemesanan Makanan di GrabFood Bisa Jadi Peluang Bagi Pelaku Bisnis...

GrabNEXT: Peningkatan Pemesanan Makanan di GrabFood Bisa Jadi Peluang Bagi Pelaku Bisnis Kuliner

-

Jakarta, Selular.ID – Sebagai bentuk komitmen dalam mempertahankan inisiatif pemberdayaan untuk UMKM Indonesia, GrabFood pada hari ini, Jumat (6//8/2021), menyelenggarakan GrabNEXT, yang merupakan konferensi inovasi bisnis F&B tahunan kedua bagi Mitra Merchant GrabFood.

Dalam acara ini, Grab meluncurkan Laporan Tren Kuliner pertama yang menampilkan tren lanskap kuliner online dan insight bisnis untuk membantu para pelaku bisnis dalam memahami kebutuhan konsumen yang terus berubah dengan lebih baik.

Grab bekerja sama dengan NielsenIQ untuk membuat laporan ini dengan melakukan survei kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan insight dari 13.000 konsumen secara regional, 14 thought-leader di industri F&B, dan data dari platform Grab.

Beberapa temuan kunci dari Laporan Tren Kuliner Grab:

  • 54%1 dari konsumen kini mencari makanan dan resto baru melalui aplikasi pengantaran makanan
  • Bisnis kuliner yang bergabung dengan aplikasi pengantaran makanan pada tahun 2020 mengalami 50%2 peningkatan total penjualan bahkan dengan aturan pembatasan makan di
  • Peningkatan sebesar 32%3 di kategori makanan sehat karena konsumen semakin sadar akan pentingnya makanan
  • Demografis konsumen menunjukkan bahwa keluarga dengan anak merupakan konsumen utama layanan pesan-antar makanan online
  • 72%4 konsumen GrabFood kini memesan untuk keluarga dengan ukuran keranjang (basket size) yang lebih

Menyimpulkan dari beberapa temuan tersebut, hal ini bisa dijadikan peluang untuk masyarakat yang ingin terjun ke dunia   bisnis. Terlebih, kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan ekonomi beberapa orang mengalami penurunan, membuat masyarakat banyak yang mencari jalan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Menyikapi hal itu, Neneng Goenadi, Country  Managing Director Grab   Indonesia,  mengungkap jika  GrabNEXT juga merupakan kesempatan  bagi mitra merchant Grab untuk mengembangkan wawasan dan bisnis melalui berbagai data, fitur, serta inovasi terbaru. Dirinya juga beharap agar  acara ini   dapat membantu pengembangan bisnis seluruh mitra Grab.

Menanggapi soal perkembangan UMKM kuliner di Indonesia, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, menyebutkan kalau Indonesia memiliki target untuk mempercepat transformasi digital dengan terus memfasilitasi transisi digital dari 30 juta UMKM di tahun 2024. Lebih lanjut diungkapkan Teten, pihak-pihak swasta di sektor digital dihimbau untuk turut mempersiapkan program UMKM dengan keterampilan digital yang mumpuni.

“Lewat gelaran GrabNEXT ini, kami melihat bagaimana dedikasi Grab dalam menjadikan mitra merchant sebagai prioritas dan tidak hanya berperan sebagai platform pesan-antar makanan online, namun juga mampu mengakomodir segala bentuk kebutuhan bisnis mitra merchant, mulai dari meningkatkan keterampilan digital, strategi pemasaran, sampai ke menyediakan berbagai insight bisnis yang berguna dalam pengambilan keputusan usaha.” pungkas Teten, pada konferensi pers virtual hari ini, Rabu (6/8/2021).

Baca juga:Ingin Mulai Berbisnis Online? Ini 7 Jenis Aplikasi yang Harus Anda Instal

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, juga beranggapan bahwa Ekonomi digital harus menjadi infrastruktur yang esensial dalam mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar mampu bertahan terutama di tengah masa-masa penuh tantangan seperti saat ini.

Dalam hal ini, Sandiaga menaruh harapan kepada GrabNEXT agar mampu mengakselerasi perkembangan pelaku UMKM dalam mengimplementasikan ide-ide kreatifnya sehingga menjangkau segmen pasar mereka yang lebih luas lagi.

“Tujuan akhirnya, terjadi penciptaan serta pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya sehingga mampu menggerakkan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat”, jelas Sandiaga.

Dalam berita terkait, tahun ini Grab juga memperkenalkan berbagai inovasi teknologi dan tren bisnis terbaru, meluncurkan program pelatihan keterampilan bisnis, serta memberikan voucher digital kepada mitra merchant.

GrabNEXT dibuat dengan bertujuan guna memperkuat ketahanan bisnis merchant, membawa pertumbuhan bisnis ke level berikutnya, agar bisnis kuliner tetap relevan dengan berbagai tren dan kebutuhan konsumen yang terus berubah.

Berdasarkan tren ini, mitra merchant didorong untuk menyediakan paket makanan dan varian menu bagi keluarga agar tetap relevan dalam melayani sebagian besar kebutuhan konsumen.

Memperluas perannya tidak hanya sebagai platform pesan-antar makanan, GrabFood mengumumkan dua fitur baru di aplikasi GrabMerchant:

  • Tool insight yang akan menunjukkan data penjualan mitra merchant, performa operasional, serta segmentasi
  • Solusi pemasaran terbaru bernama “Paket Campaign” yang memudahkan mitra merchant untuk mencapai target pemasaran dengan menggunakan gabungan fungsi pemasaran dan kampanye

“Dengan tren F&B yang terus berkembang, kami berharap lanskap industri ini juga akan lebih terintegrasi dan pesanan secara online juga akan terus bermunculan secara luas.” tutup Neneng.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru