BerandaTipsIngin Mulai Berbisnis Online? Ini 7 Jenis Aplikasi yang Harus Anda Instal

Ingin Mulai Berbisnis Online? Ini 7 Jenis Aplikasi yang Harus Anda Instal

-

Jakarta, Seluar.ID – Di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, banyak masyarakat yang banting setir menapaki karirnya menjadi seorang pebisnis online. Terlebih, di era yang sudah serba digital ini, kian mempermudah orang awam untuk memulai terjun di dunia bisnis online.

Selain modal berupa uang dan ilmu, ada beberapa hal lain yang harus dipersiapkan oleh para pebisnis pemula, termasuk yang paling penting ialah aplikasi penunjang untuk membangun bisnis online.

Oleh karenanya, berikut team Selular paparkan 7 jenis aplikasi yang wajib diinstal guna memperlancar rencana bisnis online Anda:

Baca juga:4 Tips Atasi Keterbatasan Modal Bisnis di Tengah Pandemi!  

1. Aplikasi Mobile Banking

Jenis aplikasi pertama yang wajib dimiliki oleh pebisnis pemula ialah aplikasi Mobile Banking. Aplikasi perbankan ini bisa membuat Anda lebih effisien dalam melakukan transaksi keuangan antara Anda dengan Konsumen.

Selain itu, Anda juga dapat mengecek langsung saldo rekening Anda tanpa harus repot pergi ke mesin ATM ataupun Bank. Sedikit tips dari team Selular, jangan mencampur uang pribadi dengan uang hasil bisinis online Anda dalam satu nomor rekening. Sebaiknya, dipisah untuk menghindari kerugian serta kelimpungan pada saat menghitung keuangan, baik keuangan pribadi ataupun omset bisnis.

2. Aplikasi Chatting

Tak dapat dipungkiri, aplikasi chatting sudah menjadi hal yang paling wajib dimiliki. Jangankan untuk berbisnis, dalam berkomunikasi sehari-hari pun saat ini sudah sangat bergantung pada platform chatting.

Fungsi penting aplikasi chatting dalam menunjang bisnis online ialah sebagai wadah komunikasi dan informasi antara pembeli dan penjual. Misalnya, untuk sarana si pembeli dalam mengirimkan format order, memberi layanan customer service, serta sebagai sarana informasi antara pelaku bisnis dengan para re-seller ataupun team.

Beberapa aplikasi chatting yang saat ini sering digunakan oleh pebisnis online diantaranya ialah WhatsApp Business, Line, dan Telegram. Anda bisa memilih salah satunya ataupun langsung ketiganya, tergantung dengan kebutuhan.

3. Aplikasi Sosmed

Sosial media sangat berperan penting dalam meningkatkan penjualan. Selain untuk wadah promosi, sosial media juga diyakini mampu untuk menganalisa calon konsumen dan memperkenalkan produk yang dijual.

Informasi mengenai harga, manfaat, dan diskon produk juga lebih cepat diserap lewat sosmed. Selain itu, sosial media juga bisa Anda gunakan untuk menganalisa kompetitor, sehingga Anda bisa kembali mengatur strategi dalam menghadapi persaingan yang amat ketat untuk ke depannya. Dengan sosial media pula, Anda dapat mengunggah berbagai macam konten pemasaran yang dapat memikat hati konsumen.

Beberapa sosial media yang saat ini banyak digunakan untuk menjalankan bisnis online diantaranya yaitu Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok.

4. Aplikasi Editing Konten

Demi memuat konten sosmed yang ciamik, tentunya diperlukan sarana untuk menghasilkan konten yang mampu menarik perhatian para konsumen agar mereka tergiur untuk membeli produk Anda.

Oleh karenanya, sangat penting untuk mengunduh aplikasi Editing Konten. Jenis aplikasi yang dimaksud ialah seperti aplikasi untuk mengedit foto, mengedit video, serta aplikasi untuk membuat logo dan banner. Ketiga jenis aplikasi itulah setidaknya yang menjadi dasar untuk memulai dalam mempercantik konten sosmed jualan Anda.

5. Aplikasi Meeting Online

Jika Anda tak sendiri dalam menjalankan bisnis online alias memiliki beberapa team, jenis aplikasi Meeting Online wajib Anda miliki. Terlebih, kondisi saat ini yang mengharuskan orang-orang tak bertemu secara tatap muka, jenis aplikasi ini bisa menjadi jalan ninja untuk Anda dan team agar tetap mengadakan diskusi secara virtual. Sehingga, komunikasi antara Anda dan team tetap terkoordinasi dengan baik.

Beberapa jenis aplikasi Meeting Online yang bisa Anda gunakan diantaranya meliputi Zoom Meeting, Microsoft Teams, Skype, dan Google Meet. Atau, bisa juga memanfaatkan spreadsheet sebagai sarana untuk membuat, berbagi, serta berkolaborasi dengan team terkait data dan sejenisnya.

6. Aplikasi Note

Selanjutnya, jenis aplikasi Note juga disarankan untuk Anda miliki. Apalagi, buat Anda yang memiliki sifat pelupa. Dengan aplikasi Note ini, Anda bisa mencatat beberapa point penting seputar bisnis online Anda seperti misalnya to do list harian, ide konten, stock barang, dan lainnya.

7. Aplikasi Pencatat Keuangan

Jenis aplikasi Pencatat Keuangan juga bisa mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis online. Jenis Aplikasi ini berfungsi untuk memastikan pengelolaan keuangan bisnis online Anda menjadi aman terkendali.

Selain hemat waktu dan praktis, jenis Aplikasi Pencatat Keuangan ini bisa meminimalisir kesalahan dalam perhitungan sehingga terkait untung dan rugi dalam hal modal dapat terlihat secara detail.

Sekian rekomendasi jenis Aplikasi yang bisa Anda miliki untuk mengawali karir di dunia bisnis online. Dan, tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru