spot_img
BerandaSmartphoneBegini Kata Dua Fotografer Ternama Soal Kamera OPPO Find X3 Pro 5G!

Begini Kata Dua Fotografer Ternama Soal Kamera OPPO Find X3 Pro 5G!

-

Jakarta, Selular.ID – OPPO Find X3 Pro 5G merupakan smartphone flagship yang juga mengunggulkan kualitas kameranya. Salah satu yang ditonjolkan oleh OPPO soal fitur kamera di gawainya ini ialah Dual Primary Cameras, yang mengandalkan dua sensor 50 megapixel dengan lensa berbeda, yaitu wide-angle f/1.8 dan ultra-wide f/2.2.

OPPO menyuguhkan konfigurasi kamera utama dan kamera ultra-wide dengan kualitas yang apik. Hal itu dikarenakan kedua kamera ini sama-sama menggunakan sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/1.56″. Bedanya, pada kamera ultra-wide sudut pandangnya jelas lebih luas, yakni 110,3 derajat.

Guna menambah inspirasi saat mendalami kecanggihan fitur OPPO Find X3 Pro 5G, OPPO Indonesia juga menghadirkan Finders Book Issue #2, yaitu dokumentasi menawan dari para Finders, PhotoFinders, dan CineFinders yang menerjemahkan konsep #AwakenColour dari OPPO Find X3 Pro 5G dalam bentuk kutipan dan foto-foto mengenai kekuatan warna di berbagai momen ataupun keindahan alam di sekeliling kita.

                       Muhammad Fadli – PhotoFinders

Salah satu figur yang menjadi finders dalam penggarapan Finders Book OPPO Find X3 Pro 5G ini yaitu Muhammad Fadli, seorang fotografer dokumenter dan potret yang deretan karya fotonya telah dipamerkan di berbagai festival foto dan dipublikasikan secara luas di media publikasi internasional.

Pada saat diwawancarai oleh team Selular, Fadli mengungkap bahwa Dual Primary Camera yang dimiliki OPPO Find X3 Pro 5G menurutnya merupakan hasil dari perjalanan panjang perkembangan teknologi fotografi smartphone. Dirinya juga berujar bahwa hasil foto dari kamera OPPO Find X3 Pro 5G di luar ekspetasinya. Fadli tak menyangka jika memotret dengan OPPO Find X3 Pro mampu menghasilkan foto yang head-to-head, dengan dedicated kamera yang imaging sensornya secara teknis berada di level lebih tinggi.

“Hasil foto dari kamera smartphone OPPO Find X3 Pro 5G dengan kamera profesional susah dibedakan. Dalam beberapa kesempatan, saya bahkan juga tidak ragu menggunakan OPPO Find X3 Pro 5G untuk pekerjaan profesional saya sebagai fotografer documenter” kata Fadli kepada team Selular.

Fadli juga menambahkan bahwa hampir semua objek bisa dipotret dengan Dual Primary Cameras pada OPPO Find X3 Pro 5G. Sejak awal ia menggunakan smartphone flagship ini, dirinya memotret hampir semua hal, mulai dari manusia, landscape, hingga still life.

“Sedikit tips, bagi saya pribadi, saya senang menggunakan format RAW yang tersedia di smartphone OPPO Find X3 Pro 5G ini agar bisa lebih leluasa saat melakukan pengeditan warna. File yang dihasilkan fleksibel sekali untuk diolah di kelasnya.” tambahnya.

Hasil Jepretan Martin Westlake dengan OPPO Find X3 Pro 5G Bakauheni, Lampung – 50MP Wide Angle

Selain itu, beberapa fitur lain di OPPO Find X3 Pro yang menjadi favorit Fadli diantaranya ialah Portrait Mode, Night Mode, Pro Mode (dimana semua dapat diatur manual), dan fitur perekaman video dengan LOG color profile. Menurut Fadli, untuk yang sering kerja di lapangan dan butuh kepraktisan tanpa mengorbankan kualitas, fitur-fitur ini sangat memudahkan.

Bagi Fadli yang cukup mengikuti perkembangan smartphone, ia berpendapat bahwa OPPO Find X3 Pro 5G merupakan smartphone yang luar biasa dari berbagai aspek, dan memiliki performa paling responsif yang pernah ia gunakan. Dirinya menyetujui kalau smartphone OPPO Find X3 Pro 5G sangat canggih untuk digunakan memotret.

Dalam kesempatan ini, Fadli juga memberi sedikit tips kepada fotografer pemula yang ingin belajar fotografi dengan menggunakan OPPO Find X3 Pro 5G. Fadli mengatakan bahwa Lebih dari sekedar subjek dan objek yang menarik, fotografi itu adalah soal cara melihat, memahami prinsip cahaya, dan menguasai peralatan untuk mengabadikannya.

“OPPO Find X3 Pro 5G menurut saya adalah peralatan fotografi yang intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, fitur seperti AI akan membantu sekali dalam cahaya-cahaya yang sulit. Satu hal yang perlu diberi perhatian lebih hanya soal melihat segala sesuatu dengan lebih kreatif. Lalu yang terpenting, harus terus aktif memotret dan dengan cermat memperhatikan hal-hal di sekeliling kita.” tutup Fadli.

Baca juga: Dua Entrepreneur Kuliner Terkemuka Kompak Trade-in Ponsel Samsung dan iPad Dengan OPPO Find X3 Pro 5G

                           Martin Westlake – PhotoFinders

Selain Fadli, fotografer asal Inggris bernama Martin Westlake, juga ikut merasakan langsung kecanggihan dari fitur kamera OPPO Find X3 Pro 5G. Fotografer handal yang pernah mendokumentasikan geografi fisik gunung berapi di Indonesia ini, sangat kagum dengan kualitas gambar yg dihasilkan oleh Dual Primary Camera dari OPPO Find X3 Pro 5G ini, terutama RAW files 50 megapixel nya yang memiliki kualitas luar biasa. Dirinya juga menambahkan bahwa dengan keseimbangan white balance dan beragam warna vibrant yang sangat akurat, ia sangat suka dengan field of view yg luas dari ultra wide angle camera.

Bagi Martin yang bisa dibilang tak terlalu memahami akan teknologi terutama gadget, OPPO Find X3 Pro 5G ini sangat mudah digunakan. Petunjuk camera options dan features pada smartphone ini juga mudah diikuti. Selain itu, dirinya juga dibuat takjub dengan fitur Expert Mode yang memudahkan penggunanya mampu mengontrol setting camera sepenuhnya.

“Terus terang, OPPO Find X3 Pro 5G merupakan smartphone Android pertama saya. Bagi saya yang gagap teknologi, smartphone ini sangat mudah digunakan. Saya kagum dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Meski ukuran smartphone nya lebih besar dari ponsel lama saya, namun smartphone ini ringan dan praktis. Sangat pas ditangan saya” tutur Martin kepada team Selular.

Charging battery yang super cepat, baterai awet, serta layar jernih dan luas, juga menjadi alasan Martin jatuh hati dengan smartphone flagship OPPO yang satu ini. Sama seperti Fadli, dirinya sangat menyetujui jika OPPO Find X3 Pro 5G merupakan sebuah alat yang sangat hebat dan istimewa untuk fotografi berkualitas tinggi. Serta, sangat tepat pula untuk menghasilkan visual content standar tinggi. Ukuran filenya yang besar juga sangat ideal untuk membuat cetak foto yang menakjubkan.

Hasil Jepretan Martin Westlake dengan OPPO Find X3 Pro 5G
Ngade Lake, Ternate – 50MP Ultra Wide Angle

Martin berpendapat bahwa salah satu objek yang cocok dipotret dengan menggunakan Dual Primary Camera dari OPPO Find X3 Pro 5G ini ialah objek pemandangan. Dalam kesempatan kali ini, Martin juga memberi tips memotret objek pemandangan dengan kamera smartphone OPPO Find X3 Pro 5G sebagai berikut:

  • Gunakan EXPERT mode untuk bisa sepenuhnya mengontrol pengambilan gambar.
  • Foto dengan RAW untuk mendapatkan kualitas terbaik gambar
  • Gunakan tripod, lalu pakai self timer agar kamera tidak bergerak. Menggunakan tripod juga membantu untuk mendapatkan gambar cakrawala yang tak miring.
  • Untuk ultra wide camera, usahakan mencari posisi kamera yang tinggi agar hasil gambar lebih sempurna
  • Cari leading lines di foreground, jalan setapak, atau sungai kecil.
  • Kemudian ambil gambar pada saat cahaya matahari terbaik, yaitu pagi dan sore hari ketika bayangan masih panjang.
  • Jika memungkinkan, ambil gambar dengan cahaya samping. Misalnya matahari dibelakang, disamping kiri, atau pada kanan kamera.
  • Jika ada waktu, cek terlebih dahulu informasi mengenai lokasi pemotretan.

Kesimpulan

Menelaah dari experience kedua fotografer ternama di atas, dapat disimpulkan bahwa kualitas dari Dual Primary Camera yang terbenam pada OPPO Find X3 Pro 5G tak perlu diragukan lagi.

Baik untuk menangkap objek manusia, pemandangan, benda, atau apapun itu, kamera dari OPPO Find X3 Pro 5G mampu menghasilkan gambar yang elok dipandang. Apalagi, ditambah dengan format RAW files 50 megapixel yang menjadi fitur unggulan duo fotografer handal tersebut, mampu memudahkan keduanya untuk lebih leluasa pada saat melakukan pengaturan warna.

Beberapa fitur dan teknologi lainnya yang tersemat di ponsel flagship OPPO Find X3 Pro 5G ini juga kian menunjang aktivitas fotografi, sehingga membantu fotografer pemula sekalipun dalam menciptakan gambar yang tajam dan halus bak seorang fotografer profesional.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru