BerandaAppsGoogle Tegaskan Assistant Tidak Merekam Pengguna Percakapan Secara Diam-Diam

Google Tegaskan Assistant Tidak Merekam Pengguna Percakapan Secara Diam-Diam

-

Jakarta, Selular.ID – Mulai 1 Juli 2021 Google telah menanggapi permintaan email dari Otoritas Android tentang apa yang dinyatakan perusahaan dalam deposisinya dan bagaimana Asisten Google merekam audio pengguna.

Menurut sumber India Today, perwakilan Google rupanya mengatakan kepada panel pemerintah di India bahwa karyawannya mendengarkan rekaman percakapan antara pengguna dan Asisten Google.

Meskipun ini adalah sesuatu yang sebelumnya telah diterima Google, sumber juga mengatakan kepada publikasi bahwa perusahaan mengakui bahwa asisten AI-nya terkadang merekam audio di smartphone atau speaker pintar bahkan ketika tidak dipanggil oleh pengguna.

“Karena ini adalah sidang tertutup, kami tidak dapat mengomentari cerita berdasarkan sumber yang tidak disebutkan namanya, tetapi saya membagikan semua detail yang dapat membantu Anda memahami cara kerja asisten, dan ini akan memperjelas keraguan yang mungkin anda miliki,” perwakilan perusahaan menulis dalam email.

Google mengarahkan ke tautan Pusat Keamanan untuk Asisten Google. Di dalamnya, perusahaan menyatakan bahwa Asisten Google menunggu dalam mode siaga hingga diaktifkan oleh pengguna.

Baca Juga:Warganet Keluhkan Google Error di Android

Google juga menulis bahwa “dalam mode siaga, perangkat memproses potongan pendek audio (beberapa detik) untuk mendeteksi aktivasi seperti saat Anda mengucapkan Hai Google. Jika tidak ada aktivasi yang terdeteksi, cuplikan audio tersebut tidak akan dikirim atau disimpan ke Google.”

Ketika Asisten mendeteksi kata bangunnya, “rekaman dapat mencakup beberapa detik sebelum Anda mengaktifkan Asisten Anda untuk menangkap permintaan Anda pada waktu yang tepat.”

Artikel Terbaru