BerandaNewsRumourVivo Bakal Gunakan Chipset Exynos 2200 dengan GPU dari AMD

Vivo Bakal Gunakan Chipset Exynos 2200 dengan GPU dari AMD

-

Jakarta, Selular.ID –┬áSeperti yang telah kita ketahui bersama, Samsung telah menjalin kerjasama dengan AMD untuk chipset Exynos terbaru. Teknologi buatan Samsung dan AMD tersebut kabarnya tidak akan akan eksklusif untuk perangkat Galaxy saja.

Menurut keterangan yang beredar di Weibo, chipset tersebut nantinya juga akan digunakan oleh perangkat besutan Vivo. Belum diketahui apakah akan digunakan di perangkat smartphone atau tablet.

Prosesor Exynos 2200 mendatang yang bertujuan untuk menyaingi chip Apple A dan M-series diatur untuk memberi daya pada perangkat Vivo. Tidak jelas apakah perangkat ini akan menjadi ponsel, lipat atau tablet, dan apakah itu akan diluncurkan tahun ini.

Vivo adalah salah satu dari sedikit merek selain Samsung yang menggunakan prosesor Exynos. Kabarnya Exynos 2200 merupakan nama chipset yang dikembangkan oleh Samsung dan AMD.

Exynos 2200 akan menggunakan GPU AMD, yang dikonfirmasi oleh Samsung pada Januari lalu. Ini akan meningkatkan kinerja grafisnya sebesar 30% dibandingkan dengan Exynos 2100 saat ini.

Variable rate shading juga akan hadir di prosesor baru tersebut. Ini adalah sebuah fitur yang meningkatkan kinerja dan kualitas rendering dengan memvariasikan tingkat shading untuk berbagai wilayah frame.

Fitur lain dari Exynos 2200 adalah ray tracing, teknik rendering untuk game 3D. Samsung dan AMD bermitra kembali pada tahun 2019 untuk mengerjakan arsitektur GPU baru untuk perangkat seluler.

Melalui kerjasama tersebut, Samsung ingin meningkatkan dari GPU Arm Mali saat ini, yang kinerjanya kurang dibandingkan dengan GPU pesaing Qualcomm.

Ada kemungkinan juga bahwa Samsung Galaxy S22-series akan ditenagai oleh Exynos 2200. Smartphone ini diprediksi akan diluncurkan pada awal tahun 2022 mendatang.

Artikel Terbaru