BerandaTipsTips Menghemat Baterai di Smartphone Android

Tips Menghemat Baterai di Smartphone Android

-

Jakarta, Selular.ID – Pasti sebal rasanya jika baterai smartphone cepat habis. Kita jadi tidak bisa menggunakannya itu berbagai macam keperluan, apalagi jika ada yang mendesak.

Memiliki baterai berkapasitas menjadi salah satu modal utama agar baterai tidak cepat habis. Selain itu, cara Anda menggunakannya juga penting supaya baterai bisa lebih hemat.

Berikut ini kami akan membagikan tips berupa memperpanjang masa pakai baterai. Dengan ini Anda tidak perlu khawatir baterai cepat habis dan bisa digunakan selama seharian penuh.

Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Hampir setiap pengguna Android pasti menginstal sesuatu yang sering aktif di latar belakang yang pastinya menguras baterai. Tetapi aplikasi tersebut justru jarang atau malah tidak pernah digunakan.

Jadi, jika Anda memiliki aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan sebaiknya hapus saja dari smartphone Anda. Daripada tidak memberikan manfaat, tetapi justru membuat baterai ponsel Anda cepat habis.

Sesuaikan Kecerahan Layar Anda

Semakin cerah layar Anda, semakin besar pula baterai yang dihabiskan. Maka dari itu, ada baiknya mengatur tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi.

Atau Anda bisa mengaktifkan “Kecerahan Adaptif” yang akan menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitar. Dengan ini Anda bisa tetap melihat layar smartphone dengan jelas tanpa menghabiskan banyak baterai.

Isi Daya Ponsel Anda Dengan Cara yang Benar

Sebuah penelitian menemukan bahwa Anda tidak boleh membiarkan perangkat Anda tetap terhubung saat terisi penuh.

Daripada melakukan pengisian daya yang lama, Anda dapat memilih untuk mengisi daya ponsel Anda dalam waktu singkat. Namun, hindari terus-menerus mengisi daya perangkat Anda tanpa alasan

Juga jangan menunggu sampai baterai Anda turun ke 0 persen. Lakukan pengisian daya sebelum baterai Anda benar-benar habis total.

Nonaktifkan WiFi / Data Seluler / Bluetooth

Gunakan WiFi, data seluler atau Bluetooth hanya ketika diperlukan. Ketika tidak lagi digunakan, biasakan untuk langsung mematikannya. Jika koneksi tersebut dibiarkan tetap menyala ketika tidak digunakan, mereka akan menyedot baterai dengan sangat cepat.

Cara simpel ini bisa Anda terapkan dan jadikan kebiasaan agar penggunaan baterai smartphone Anda jadi lebih hemat dari sebelumnya.

Menggunakan Mode Battery Saver

Tiap smartphone pastinya memiliki mode “Battery Saver” yang bisa digunakan untuk menghemat daya. Mode ini akan membantu Anda untuk menghemat lebih banyak daya baterai.

Perlu diperhatikan adalah, saat mode ini diaktifkan biasanya sejumlah fitur akan dibatasi dan tidak bisa digunakan.

Demikian cara menghemat baterai di smartphone Android. Semoga bisa membuat baterai ponsel Anda jadi lebih hemat.

Artikel Terbaru