Wednesday, October 16, 2019
Home Tips Tips Hemat Baterai Smartphone untuk Pemula

Tips Hemat Baterai Smartphone untuk Pemula

-

Jakarta, Selular.ID – Memiliki daya besar pada baterai smartphone tidak serta merta mempunyai masa hidup perangkat yang lebih lama. Pengguna harus jeli memilah sejumlah fitur atau aplikasi yang menguras energi.

Walaupun smartphone Anda dibekali daya baterai 5.000mAh, bisa-bisa ketahanannya kurang dari satu hari (dengan pemakaian normal). Wajib hukumnya untuk pintar mengolah smartphone, apalagi jika kapasitas baterai Anda minimalis.

Berikut empat kiat dasar Selular.ID guna dimaksimalkan penggunaan baterai smartphone untuk pemula. Langkah ini bisa dilakukan oleh semua pengguna, termasuk pemilik smartphone low-end, menengah, maupun premium.

Matikan GPS

Hal ini merupakan langkah utama dalam memaksimalkan penggunaan baterai. Fitur lokasi GPS banyak memakan kapasitas baterai karena terus memberikan info terbaru mengenai lokasi Anda.

Jadi sebaiknya matikan GPS untuk pemakaian sehari-hari, dan nyalakan GPS hanya saat dibutuhkan, misalnya memesan ojek online.

Baca juga: Tips Mengelola Foto dan Video di Storage Smartphone

Log out akun sosial media

Akun sosial media terus memberikan notifikasi terbaru, hal ini dapat mempengaruhi presentase baterai. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda log out dari akun sosial media seperti instagram dan lain-lain.

Jika khawatir lupa kata sandi untuk log-in kembali, jangan takut. Tidak banyak yang tahu, semua jejaring sosial (termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dll), menyimpan password Anda. Tanpa harus mengetik password, mereka menawarkan tombol tap untuk Log-in. Voila, Anda sudah online kembali.

Gunakan mode hemat baterai

Hampir setiap smartphone Android kini dibekali fitur hemat baterai. Perangkat Anda akan memberi notifikasi ketika low-bat dan menawarkan “Nyalakan hemat baterai” sebagai solusinya. Kecuali Anda sedang di rumah, nyalakan fitur tersebut untuk memaksimalkan baterai smartphone ketika sedang di luar.

Walaupun baterai Anda sudah menyentuh angka 15%, dengan mengaktiffkan fitur Hemat Baterai akan menambah ketahanannya sampai satu jam lebih lama.

Tentu saja, Anda bisa mengaktifkan fitur hemat baterai sejak awal (ketika baterai 100% misalnya), namun sejumlah aplikasi dan fitur ponsel akan dibatasi pengoperasiannya sesuai Kebijakan Hemat Baterai dari masing-masing vendor.

Baca juga: Tips Selfie Ala Rio Motret

Atur Kecerahan Layar Otomatis

Menetapkan tingkat kecerahan layar maksimal tentu akan menguras baterai smartphone. Sebaiknya, sesuaikan tingkat kecerahan layar dengan kondisi tempat Anda berada. Jika suasana lingkungan Anda berada cukup gelap, maka set kecerahan layar rendah.

Jika Anda tergolong pengguna smartphone yang sangat mobile (kerap berpindah dari indoor dan outdoor dengan cepat), sebaiknya atur kecerahan layar smartphone otomatis. Dengan begitu Anda tidak perlu terus mengubah-ubah tingkat kecerahan layar.

Semoga empat langkah dasar di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan baterai.

Latest