Friday, October 18, 2019
Home Tips Tips Selfie Ala Rio Motret

Tips Selfie Ala Rio Motret

-

Malang, Selular.ID – Kamera depan di smartphone sejatinya diciptakan untuk keperluan video call atau video chat. Namun belakangan, kamera depan lebih populer digunakan untuk foto diri atau selfie.

Agar bisa mendapat foto selfie yang maksimal, berikut trik dari fotografer profesional Rio Motret.

“Kalau untuk trik foto selfie sebenarnya hal yang paling mudah, karena kan selfie itu sendiri kita yang megang, kita yang nyari tahu juga angle yang terbaik seperti apa. Jadi kalau trik yang khusus banget enggak ada. Yang penting cari angle yang bagus gimana,” papar Rio Motret pada sesi coaching clinic bersama Oppo Reno 10x Zoom di Malang, Kamis (18/7/2019).

Pertama-tama, untuk mendapat foto selfie yang bagus, Rio menyarankan untuk selalu memperhatikan latar belakang. Jadi trik selfie pertama dari Rio adalah selain wajah yang terlihat, background-nya juga harus kelihatan.

“Kita perlu perhatikan juga background belakangnya. Jadi pada saat selfie jangan hanya sekedar konsentrasi ke muka doang tapi belakang tidak diperhatikan.

Rio memberi contoh terkadang kalau lagi selfie di belakang ada orang lewat, view-nya jadi jelek.

“Pada saat selfie background perhatikan juga walaupun terlihat hanya sedikit view-nya, kita harus lihat komposisinya. Jadi kelihatan oh kita sedang misalnya lagi selfie di Jepang dengan background Gunung Fuji. Kadang kita enggak memerhatikan kadang-kadang gunungnya kepotong karena kita hanya fokus ke diri sendiri,” urai Rio.

Kemudian Rio juga menyarankan untuk memperhatikan arah datangnya cahaya.

“Perhatikan juga arah cahaya kalau misalkan cahaya matahari datang dari arah mana, kita menghadap ke arah situ. Jadi jangan membelakangi cahaya. Kalau kita membelakangi cahaya, efeknya akan backlight langitnya jadi sia-sia,” papar Rio.

Lebih lanjut Rio memaparkan kalau berhadapan dengan arah datangnya matahari, nanti di bagian belakang warna awan atau langitnya jadi biru. Cahaya pun jadi lebih bagus jatuhnya ke kulit model.

Soal mode potrait atau landscape, Rio menuturkan itu lebih ke pribadi masing-masing. Sebenarnya tidak ada aturan potrait atau landscape untuk selfie.

“Balik lagi apa sih yang pengen kamu tampilkan, kalau misalkan mau potrait kita tinggal berdiriin kalau mau landscape supaya belakangnya lebih terlihat kita tinggal tidurin aja,” katanya.

Mengenai ponsel yang digunakan, Rio menyebut Oppo Reno series sudah sangat baik hasilnya.

“Walaupun megapikselnya lebih kecil (dibandingkan kamera belakang), kamera depan Reno sudah dilengkapi dengan kapasitas memotret selfie yang bagus. Dengan bukaan diafragmanya yang juga besar, jadi saat kita di tempat gelap pun juga masih menghasilkan foto yang bagus,” pungkasnya.

Latest