spot_img
BerandaNewsTelcoSah! Telkomsel Luncurkan Layanan 5G di Tanah Air

Sah! Telkomsel Luncurkan Layanan 5G di Tanah Air

-

Jakarta, Selular.ID – Telkomsel secara resmi telah meluncurkan jaringan internet 5G secara komersil di tanah air, Kamis (27/5). Alhasil, langkah operator plat merah itu kini menjadi catatan tersendiri bagi sejarah sekaligus, babak baru implementasi jaringan generasi kelima itu di Indonesia.

“Hari ini hari yang sangat penting dan bersejarah, karena ada babak baru melalui implementasi 5G di Indonesia, dan Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang sediakan layanan 5G,” ujar Setyanto Hantoro, selaku Direktur Utama Telkomsel saat peresmian layanan 5G di Jakarta, Kamis (27/5).

Capaian Telkomsel untuk menjadi operator pertama yang mengelar layanan 5G tidak lah mudah, dan membutuhkan perjalanan yang panjang. Srtyanto menceritakan Telkomsel pertama kali uji coba layanan 5G di Indonesia sejak 2018, bertepatan dengan ajang Sea Games. Lalu uji coba itu juga dilakukan di kawasan industri di Batam yang berlangsung pada 2019 silam.

Selanjutnya setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) pada 24 Mei 2021, kini Telkomsel secara resmi telah memiliki layanan 5G.

“Hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel, namun juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal. Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital,” lanjutnya.

Sekedar informasi Telkomsel dalam mengelar layanan 5G-nya, memanfaatkan spektrum frekuensi radio di pita frekuensi 2,3GHz untuk menggelar layanan 5G.

Pada tahap pertama komersialisasi 5G ini, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di 9 kota, yang  di antaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Lalu ada juga di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Perangkat dan harga paket

Catatan pentingnya, terkait dengan ekosistem berupa smartphone, perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G ialah yang memiliki kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel dalam hal ini akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Seperti layanan broadband 3G dan 4G, layanan 5G untuk saat ini dapat dinikmati menggunakan paket kuota data yang dalam peluncuran diumumkan harganya paket data 5G untuk early bird-nya yaitu Rp26.000, dengan kuota data yang diberikan sebesar 126GB. Terlepas dari tawaran promo itu nantinya paket tersebut dibandrol sekitar Rp260.000, dan  sejauh ini hanya berlaku untuk pelanggan undangan saja.

Kemudian telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra dengan harga promo Rp6,299.000, yang sudah dilengkapi ekstra kuota data 200GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan.

Ke depannya, Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru