spot_img
BerandaNewsRumourPekan Depan, HarmonyOS Debut Untuk Perangkat Smartphone

Pekan Depan, HarmonyOS Debut Untuk Perangkat Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Melalui laman Weibo Cina pada Senin kemarin, (25/4/2021), Huawei telah mengonfirmasi bahwa mereka akan secara resmi mengumumkan HarmonyOS 2.0 pada 2 Juni 2021 di Tiongkok.

HarmonyOS yang bakal dirilis pekan depan itu kabarnya ditujukan untuk perangkat smartphone dan tablet sebagai upaya untuk menyaingi OS Android yang dikembangkan oleh Google. Sebelumnya, HarmonyOS sudah tersedia untuk perangkat IoT dan TV.

Sekedar mengingatkan, pada awal 2019 silam, Huawei mengklaim bakal menjadi produsen smartphone terbesar di akhir tahun. Nyatanya, pada Mei 2019, pemerintah AS menambahkan Huawei bersama dengan perusahaan Cina lainnya ke Daftar Entitas, yang artinya mencegah deretan perusahaan yang masuk ke daftar itu untuk bermitra dengan perusahaan yang berbasis di AS, termasuk Google.

Beranjak dari perkara itu, Huawei harus meluncurkan perangkat tanpa Layanan Seluler Google (GMS), yang sangat mepengaruhi bisnisnya. Oleh karenanya, pada Agustus 2019, Huawei mengumumkan HarmonyOS 1.0 sebagai alternatif OS Android di Huawei Developer Conference.

Baca juga:Tahun Ini, HarmonyOS Huawei Bakal Menyasar 300 Juta Perangkat

Seperti Android, Harmony OS adalah proyek open source berbasis Linux. Awal tahun 2021 kemarin, Ars Technica melaporkan bahwa versi beta dari HarmonyOS mirip dengan OS Android 10. Jadi, terselip kemungkinan bahwa versi umum dari HarmonyOS 2.0 bisa jadi menyuguhkan pengalaman yang mirip dengan versi Android saat ini.

Pada Huawei Cina Ecological Conference 2021 yang baru-baru ini diadakan, ketua bergilir Huawei mengatakan bahwa HarmonyOS merupakan sistem operasi terdistribusi yang dimiliki sepenuhnya oleh Huawei, yang terutama dirancang untuk mengurangi ketergantungannya pada Android dan memberikan lebih banyak kemampuan serta dukungan platform dibanding sistem operasi seluler yang ada.

Dirinya juga berujar bahwa Huawei menargetkan untuk menginstal HarmonyOS pada 200 juta perangkat Huawei dan 100 juta perangkat dari produsen pihak ketiga tahun ini.

Terkait acara peluncuran 2 Juni mendatang, Huawei berspekulasi untuk mengumumkan beberapa perangkat lain seperti Huawei MatePad Pro 2 dan seri Watch 3. Kita lihat saja nanti.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru