Sabtu, 22 Juni 2024
Selular.ID -

Tak Pakai Lagi Android, HarmonyOS Next Diperkirakan Meluncur September 2024

BACA JUGA

Selular.ID – Sesuai bocoran baru Huawei mulai meluncurkan sistem operasi internalnya HarmonyOS Next pada September 2024. OS baru ini dikatakan dibangun di atas kernel Hongmeng dan aplikasi sistem, dan tidak bergantung pada kode Android Open Source Project ( AOSP ) Google.

Pergeseran ini akan mengakibatkan semua aplikasi Android yang berjalan di perangkat Huawei menjadi tidak kompatibel.

Namun, pembuat ponsel pintar asal Tiongkok sedang mempersiapkan kemungkinan ini. Awal tahun ini dikonfirmasi bahwa sebanyak 4.000 aplikasi yang kompatibel dengan OS baru tersebut siap digunakan.

Menurut informasi yang beredar di jagat maya, Huawei telah menyelesaikan tanggal peluncuran OS internalnya.

Postingan tersebut menyatakan “HarmonyOS NEXT dijadwalkan secara internal September. Di paruh kedua tahun ini, produk unggulan candy bar, produk andalan yang dapat dilipat, ponsel kelas menengah, tablet, jam tangan, dll. Tunggu tes sebenarnya.”

Berdasarkan bocoran tersebut, tampaknya Huawei tidak merencanakan transisi bertahap pada perangkatnya dan malah akan meluncurkan HarmonyOS Next bebas Android ke semua perangkatnya secara bersamaan.

Menariknya, seri Huawei Mate 70 juga diperkirakan akan diluncurkan September, dan mungkin akan hadir dengan sistem operasi baru yang siap pakai.

Huawei memamerkan HarmonyOS Next tahun lalu dalam sebuah video yang diposting di YouTube.

Secara visual, ini tidak tampak jauh berbeda dari Android, namun pengaturan aplikasi, widget, serta bilah notifikasi dan pusat kendali memiliki perbedaan yang signifikan, dan mengikuti bahasa desain HarmonyOS versi sebelumnya.

Salah satu masalah signifikan yang mungkin dihadapi pengguna ponsel pintar Huawei adalah kurangnya dukungan untuk aplikasi Android.

Ini tidak hanya mencakup aplikasi yang diunduh dari Play Store resmi tetapi juga aplikasi yang diunduh dari pasar pihak ketiga dalam format APK. Sebaliknya, aplikasi HarmonyOS Next dilaporkan akan mendukung format HAP aslinya.

Baca Juga:Berkat Huawei, SMIC Perlahan Saingi TSMC dan Samsung

Huawei bertujuan untuk menyiapkan 5.000 aplikasi di pasarnya pada saat pembaruan OS baru menjangkau pengguna gelombang pertama. Perusahaan juga memiliki visi jangka panjang untuk memiliki 500.000 aplikasi.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU