Kamis, 20 Juni 2024
Selular.ID -

Didenda Rp31 T atas Keluhan Spotify, Apple Naik Banding

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Pada bulan Maret ini, Apple terkena denda besar sebesar €1,8 miliar atau setara Rp31,3 triliun, atas keluhan yang awalnya diajukan oleh Spotify pada tahun 2019.

Keluhannya sederhana – Apple membebankan pajak sebesar 30% kepada pembuat aplikasi ketika pengguna berlangganan layanan mereka untuk satu tahun, dan 15% untuk tahun berikutnya.

Hal ini memberikan keuntungan yang tidak adil bagi Apple Music dibandingkan Spotify karena Spotify terpaksa menaikkan biaya berlangganan untuk menutupi pajak.

Namun Apple tidak akan membayar begitu saja.

Bloomberg melaporkan bahwa Apple telah mengajukan gugatannya sendiri ke Pengadilan Umum UE di Luksemburg untuk mencoba dan membatalkan denda yang besar.

Baca Juga: Harga Langganan Spotify di Beberapa Negara Bakal Naik

Apple berpendapat bahwa Komisi Eropa tidak memberikan bukti yang dapat dipercaya bahwa konsumen dirugikan oleh kebijakan App Store mereka.

Jadi sepertinya undang-undang antimonopoli tidak berlaku seperti itu – misalnya, penetapan harga predatori dilarang.

Bagaimanapun, hal ini adalah sesuatu yang perlu diperdebatkan oleh pengacara Komisi Eropa dan Apple.

Sebelumnya, aplikasi bahkan tidak diizinkan untuk mengiklankan bahwa pengguna dapat berlangganan dengan biaya lebih sedikit jika mereka mengunjungi situs web.

Sejak itu Komisi Eropa telah membuat peraturan yang memaksa Apple mengizinkan pembuat aplikasi mengiklankan metode pembayaran alternatif.

Baca Juga: Alasan Spotify Rilis Font Buatan Sendiri di Dalam Aplikasi

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU