spot_img
BerandaTips10 Langkah Pemecahan Masalah Smart Lock & Trusted Place di Perangkat Android

10 Langkah Pemecahan Masalah Smart Lock & Trusted Place di Perangkat Android

-

Jakarta, Selular.ID – Saat berfungsi, fitur smart lock Android luar biasa. Tidak perlu memasukkan PIN saat ponsel tahu ada di tangan nda cukup buka kunci dan buka. Tetapi Smart Lock, terutama fitur Trusted Place, terkadang bisa menjadi masalah.

Sebagian besar fitur Smart Lock sangat kokoh. Wajah terpercaya, perangkat terpercaya, deteksi pada tubuh, dan voice match hampir tidak pernah gagal berfungsi, tetapi fitur Smart Lock yang paling berguna memiliki paling banyak masalah. Trusted Place harus membuat ponsel anda tetap tidak terkunci saat anda di rumah, tetapi banyak pengguna yang mengeluh bahwa tidak demikian.

Langkah pemecahan masalah di bawah terus meningkat dengan kata lain, anda harus mulai dengan yang pertama, coba Smart Lock lagi dan lihat apakah Trusted Place telah diperbaiki, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya jika belum diperbaiki. Setiap langkah semakin terlibat, tetapi mereka semua menganggap anda telah mencoba langkah sebelumnya, jadi pastikan untuk mengikuti urutannya.

1. Pastikan GPS aktif

Langkah pertama yang paling sederhana pastikan anda mengaktifkan GPS. Metode pelaporan lokasi lainnya tidak seakurat sensor GPS ponsel anda yang sebenarnya, dan Trusted Place hanya memiliki radius kira-kira 50 meter, sehingga lokasi yang dilaporkan ponsel Anda harus cukup akurat agar Tempat Terpercaya berfungsi.

Anda dapat mengaktifkan GPS dengan membuka menu Pengaturan utama ponsel anda. Dari sana, lokasi persisnya mungkin berbeda-beda tergantung pada perangkat anda, jadi gunakan bidang di bagian atas halaman pengaturan utama untuk mencari “Lokasi”. Setelah berada di menu Lokasi, pilih “Metode Lokasi, lalu pilih “Akurasi Tinggi” untuk memastikan GPS diaktifkan.

2. Pastikan lokasi anda diperbarui

Ada kemungkinan ponsel anda belum memperbarui status lokasinya untuk beberapa saat. Jika demikian, Smart Lock akan berhenti berfungsi, karena Trusted Place memerlukan laporan lokasi yang cukup baru sebelum dapat membuka kunci ponsel anda.

Jadi untuk mengunci lokasi anda, buka Google Maps dan ketuk ikon kompas di dekat sudut kanan bawah. Saat layar memperbarui lokasi anda saat ini titik biru di Google Maps, ponsel anda akan memiliki laporan lokasi yang diperbarui.

3. Nonaktifkan perangkat lain di bawah pelaporan lokasi Google

Jika anda memiliki lebih dari satu perangkat Android, atau jika anda baru saja mengganti ponsel, data lokasi dari perangkat lain mungkin mengganggu Trusted Place.

Untuk memperbaikinya, buka Pengaturan -> Google, lalu gulir ke bawah dan pilih “Lokasi”. Dari sana, pilih “Riwayat Lokasi Google” mungkin harus mengetuk “Lanjutan” sebelum melihat opsi ini, lalu pastikan hanya perangkat anda saat ini yang diaktifkan.

4. Lepaskan akun Google lainnya di Perangkat

Sama seperti langkah ketiga, Trusted Place dapat berhenti berfungsi jika fitur tersebut mengambil data dari akun Google yang berbeda, selain atau sebagai ganti dari akun utama anda.

Smart Lock tidak mengizinkan anda memilih akun mana yang akan digunakan dengan fitur-fiturnya, jadi jika anda masuk dengan beberapa akun Google di ponsel yang sama, itu mungkin menarik data lokasi dari akun yang salah. Akun G Suite atau akun “Google Apps” juga bermasalah – banyak di antaranya yang langsung melarang fitur Smart Lock, bergantung pada setelan administrator akun anda.

Tindakan satu-satunya di sini adalah menghapus semua akun Google tambahan dari ponsel anda. Buka Pengaturan -> Akun, lalu pilih akun Google non-utama apa pun. Ketuk “Hapus akun” di layar berikutnya, lalu konfirmasikan pilihan anda saat diminta. Ulangi langkah ini untuk akun Google non-utama lainnya.

5. Pastikan layanan play memiliki izin lokasi

Tulang punggung semua fitur Smart Lock adalah aplikasi sistem yang disebut Layanan Google Play. Aplikasi ini harus dapat melihat lokasi perangkat anda agar Trusted Place berfungsi. Untuk memverifikasi bahwa Play Services dapat mengakses pengaturan perangkat anda, buka Pengaturan -> Aplikasi, lalu pilih “Semua Aplikasi” dari menu drop-down. Gulir ke bawah dan pilih “Layanan Google Play”, lalu ketuk “Izin” dan pastikan tombol “Lokasi” diaktifkan.

6. Pastikan layanan play dapat mengubah pengaturan sistem

Cara Play Services dapat membuka kunci perangkat anda saat Smart Lock diaktifkan adalah dengan menggunakan izin khusus yang disebut “Ubah Pengaturan Sistem”. Pastikan Layanan Play memiliki izin ini dengan menelusuri aplikasi Pengaturan anda untuk “Ubah Pengaturan Sistem” dan memilih hasil teratas. Dari sana, pilih Layanan Google Play dari daftar dan pastikan saklar diaktifkan di layar berikut.

7. Pastikan Play Services tidak boros baterai

Langkah pemecahan masalah berikutnya tidak berlaku untuk sebagian besar pengguna, tetapi jika anda telah menggunakan mode seperti ini untuk memutar kembali pengurasan baterai Layanan Play, Trusted Place mungkin gagal karena tulang punggungnya Layanan Google Play dalam Mode Istirahatkan.

Untuk memverifikasi, buka Pengaturan dan cari “Pengoptimalan Baterai” dan ketuk hasil teratas. Dari sana, gulir daftar dan cari Layanan Google Play jika terdaftar di menu utama, anda sudah siap. Jika tidak, ketuk menu tarik turun di bagian atas layar dan pilih “Semua Aplikasi”, lalu temukan Layanan Play dan setel ke “Tidak Dioptimalkan”.

8. Hapus Trusted Place dan tambahkan lagi

Buka Pengaturan -> Keamanan -> Smart Lock -> Trusted Place, lalu ketuk alamat yang bermasalah. Dari sana, pilih “Edit” dari menu, lalu ketuk ikon tempat sampah di pojok kanan atas layar berikutnya untuk menghapus alamat ini. Konfirmasikan pilihan anda saat diminta.

Setelah selesai di sana, mulai ulang ponsel anda. Kembali ke menu Trusted Place dan ketuk “Home”, lalu masukkan alamat lagi.

9. Nonaktifkan lokasi rumah dan tambahkan alamat terdekat

Sebagian besar dari kita telah mengizinkan Google secara otomatis menentukan alamat rumah dan kantor kita melalui data lokasi Google Maps. Jika Trusted Place anda diberi label sebagai “Rumah” atau “Kantor”, dari sinilah alamat tersebut berasal, dan ada kemungkinan bahwa Google memiliki metadata yang buruk untuk alamat spesifik tersebut dalam sistem pemetaannya. Untuk mengatasinya, buka Pengaturan -> Keamanan -> Smart Lock -> Trusted Place lalu ketuk alamat default anda dan pilih “Matikan lokasi ini”.

Selanjutnya, ketuk “Tambahkan Trusted Place”, lalu geser dan perbesar peta yang disediakan sampai indikator lokasi melayang di atas tempat yang sangat dekat dengan alamat tempat anda ingin Smart Lock memulai.

Selama alamat target anda berada dalam warna biru lingkaran putus-putus, Trusted Place akan tetap berfungsi saat anda di sana. Ketuk “Pilih lokasi ini” lalu “Pilih” untuk menjadikannya Trusted Place. Melakukan ini secara manual akan menambahkan koordinat ke Trusted Place anda, yang lebih dapat diandalkan daripada sekadar alamat jalan.

10. Hapus Data di Google Play Service

Langkah pemecahan masalah terakhir adalah opsi nuklir. Mulailah dengan menuju ke Pengaturan -> Keamanan -> Smart Lock, lalu buka setiap item menu dan menonaktifkan semua fitur Smart Lock. Pastikan Trusted Place anda juga dinonaktifkan.

Selanjutnya, buka Pengaturan -> Aplikasi. Pilih “Semua Aplikasi” dari menu tarik-turun, lalu gulir ke seluruh dan temukan Layanan Google Play. Tap, lalu pilih “Penyimpanan”. Di layar berikutnya, ketuk “Hapus Penyimpanan” atau “Hapus Data”, lalu konfirmasi pilihan anda saat diminta. Sesegera mungkin, hidupkan ulang ponsel anda. Saat anda aktif kembali, aktifkan fitur Smart Lock anda lagi dan fitur tersebut akhirnya akan berfungsi.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru