Beranda Devices Ini Dia Strategi Huawei Perkuat Ekosistem Digital  

Ini Dia Strategi Huawei Perkuat Ekosistem Digital  

-

Jakarta, Selular.ID – Sistem operasi HarmonyOS kedepan tidak akan hanya hadir untuk produk selular Huawei saja, namun juga akan tehubung pada perangkat lain yang masuk ke dalam ekosistem brand berlogo kipas merah itu.

Tentu kabar ini menjadi menarik, kendati demikian Huawei tidak menyebutkan detail seperti perangkat apa saja dan kapan pembaruan itu akan tersedia. “Akan ada banyak perangkat yang menggunakannya. Kami telah mengerjakan pembaruan akhir-akhir ini terutama tahun 2020 untuk virtual Harmony OS 2.0. Kami berharap bisa segera dirilis, kita tunggu saja,” ujar Regional BD Director APAC Ecosystem Development Dept Huawei Consumer Business Group Tek Lik, saat konferensi pers virtual, belum lama ini.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi ‘Terkini’ Smartphone Oppo

Hal ini menjadi menarik, pasalnya pasalnya Huawei dihantam keras oleh pemerintahan AS hingga daya magis produk apiknya musti gugur dari beragam larangan yang keras. Alhasil, Huawei kini tengah berada di mode bertahan, tidak mudah memang bahkan Huawei sampai melepas lini brand Honor akibat dampat larangan itu.

Berlahan tapi pasti, pabrikan ponsel ternama itu bergegas membangun strategi guna terelpas dari tekanan AS. Alhasil pada Agustus 2019, Huawei mengumumkan telah mengembangkan sistem operasi (OS) baru bernama Harmony untuk menggantikan Android.

Di sisi lain, Huawei juga membagikan pencapaian yang telah diraih selama tahun 2020. Dalam data yang diberikan, Huawei mengatakan sebanyak 2,3 juta pengembang telah terdaftar dalam Huawei AppGallery dengan peningkatan 77 persen YoY.

Aplikasi tersebut juga memiliki 530 juta pengguna aktif dengan 120.000 aplikasi terintegrasi dengan HMS Core. Dari sisi game, Huawei mengalami 500 persen peningkatan jumlah game dalam aplikasinya di mana Mobile Legends: Bang Bang menjadi game paling populer.

Ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) pun telah memiliki dukungan produk layanan seluler Huawei, seperti Huawei Theme, pusat anggota, browser, Petal Search, Huawei Assistant, Huawei Ads, Huawei Health, hingga dukungan yang menyediakan akses untuk mengarahkan lalu lintas.

Baca juga: Keberadaan Vivo X60t Pro Terendus!  

Sementara itu Skyson Tey, Vice President Business Development Huawei Technologies menjelaskan, Huawei akan mempercepat implementasi strategi Seamless AI Life, terus mengembangkan ekosistem HMS (Huawei Mobile Services) dengan fokus pada ponsel dan tablet, serta investasi konstan pada HES global untuk membangun citra merek premium.

“Strategi ini akan memberikan pengalaman teknologi cerdas kepada konsumen di semua perangkat dengan fokus pada lima skenario yang mencakup smart office, pusat kebugaran, smart home, easy travel, dan entertainment,” kata Tey

Artikel Terbaru