spot_img
BerandaNewsMarket UpdateApple & Samsung Terus Mendominasi Pasar Tablet

Apple & Samsung Terus Mendominasi Pasar Tablet

-

Jakarta, Selular.ID – Dampak pandemic Covid-19 mempengaruhi semua jenis bisnis industri teknologi tidak terkecuali. Ada berbagai masalah yang diakibatkan oleh dampak covid-19 seperti kekurangan komponen, pengiriman tertunda, dan rilis produk tertunda, terutama seri ponsel P50 Huawei yang seharusnya tiba hampir dua bulan lalu diharapkan tiba Mei ataupun Juni ini.

Namun, kebutuhan untuk bekerja dari rumah telah membantu bisnis tertentu menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya. Tidak mengherankan, itulah pasar tablet dan Chromebook. Tablet memiliki kuartal pertama yang luar biasa di tahun 2021 (1Q21) dengan pertumbuhan 55,2% dari tahun ke tahun dan total 39,9 juta unit dikirim, menurut data awal dari International Data Corporation (IDC).

Ini luar biasa, tetapi bahkan lebih mengesankan ketika dimasukkan ke dalam konteks tertentu. Misalnya, terakhir kali pasar tablet tumbuh sedemikian rupa adalah pada tahun 2013, saat itu melonjak sebesar 56,9% dari tahun ke tahun.

Meskipun Chromebook menjadi lebih populer, mereka hanya berhasil menjual sekitar 13 juta unit di 1Q21, naik dari 2,8. juta tahun sebelumnya. Tablet tetap lebih populer, tetapi persaingannya nyata, untuk itu karena selalu menghasilkan produk dan nilai yang lebih baik bagi pengguna akhir.

“Meskipun peluncuran vaksin dan bisnis yang kembali ke kantor dapat memperlambat tren bekerja dari rumah, kami masih jauh dari kembali ke kondisi kerja normal dan karenanya permintaan tablet, terutama yang dapat dilepas, diperkirakan akan terus berlanjut untuk sementara waktu,” ungkap Anuroopa Nataraj selaku analis riset IDC’s Mobility and Consumer Device Trackers.

Tidak mengherankan, Apple tetap berada di puncak rantai makanan dalam hal pengiriman tablet. Pertumbuhannya dari tahun ke tahun adalah 64,3%, dan perusahaan yang berbasis di Cupertino ini memegang 31,7% pangsa pasar global. Samsung telah melihat pertumbuhan yang sangat mirip – 60,8% dari tahun ke tahun, dan saat ini memegang tepat 20% dari pangsa pasar global untuk tablet.

Namun, bukan Apple atau Samsung yang mengalami pertumbuhan paling signifikan dibandingkan tahun lalu. Amazon dan Lenovo memegang dua posisi pertama jika kami memperhitungkan peningkatan penjualan tablet dari tahun ke tahun. Amazon berada di urutan pertama, dengan pertumbuhan 143,0%, dengan Lenovo berada di urutan kedua dengan lonjakan pengiriman 138,1%.

Seperti yang diharapkan, pengaruh Huawei di pasar telah mati karena fakta bahwa perangkat terbarunya tidak menjalankan Layanan Google karena larangan perdagangan AS. Jika bukan karena itu, Huawei dan Honor akan menjadi satu perusahaan, dan entitas gabungan kemungkinan akan berada di posisi kedua dalam hal pangsa pasar, kedua setelah Apple.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru