Beranda Buyer's Guide Tips Memilih Smartphone Baterai Besar Harga Rp2 Jutaan

Tips Memilih Smartphone Baterai Besar Harga Rp2 Jutaan

-

Jakarta, Selular.ID – Kapasitas baterai menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen sebelum menentukan smartphone pilihan. Sejumlah perusahaan pun telah menghadirkan smartphone dengan dukungan baterai besar. Tetapi sayang kebanyakan perusahaan menghadirkan smartphone baterai besar dengan harga yang masih mahal. Karena umumnya smartphone dengan baterai besar, spesifikasi lain-nya pun cukup mumpuni, sehingga harga menjadi mahal.

Tetapi jangan berkecil hati, sejumlah brand sudah merilis smartphone baterai di segmen mid-range, atau dikisaran harga Rp2 jutaan. Memang spesifikasi lainnya biasa-biasa saja. Tetapi bukan tidak ada.

Kalian yang sedang mencari smartphone di rentang harga Rp2 jutaan, tetap harus  mengecek spesifikasi pendukung lainnya. Jangan karena mengincar baterai besar, spesifikasi lainnya tidak diperhatikan.

Berikut Spesifikasi lain yang wajib masuk list saat memilih smartphone baterai besar, harga murah:

Prosesor atau CPU (Central Processing Unit)
Yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone baterai besar adalah prosesor yang digunakan. SoC (System on Chip) merupakan otak inti dari sebuah sistem smartphone android. Jika spesifikasi cpu yang digukan rendah maka jangan heran jika smartphone android terasa lemot dan sering lag walaupun masih baru dan tidak banyak menginstal aplikasi. Pilih prosesor dengan merk ternama seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra jika anda memiliki budget yang tinggi. Jika jika smartphone harga Rp2 jutaan, dapat memilih prosesor dengan merk mediatek (MTK) atau Intel.

RAM (Random Access Memory)
Jika prosesor atau chipset bekerja sebagai otak, maka ram adalah sebagai ingatanya. Ram berguna ketika menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka semakin besar juga memory yang dibutuhkan. Dengan Ram besar, dapat berpindah-pindah antar aplikasi dengan lancar. Namun, jika salah dalam pemilihan ram, ponsel yang digunakan akan terasa lambat dan aplikasi yang kita jalankan akan sering stuck dan force close. Pilihlah kapasitas RAM minimal 4GB, lebih besar tentu lebih baik.

Sistem Operasi
Faktor lainya yang tidak kalah penting yaitu pemilihan sistem operasi (Operating System). Jangan karena pilih baterai besar, namun OS dikesampingkan. Tanpa OS, Smartphone tidak akan dapat berjalan dan berfungsi. Pilihlah Android dengan OS versi terbaru agar dukungan aplikasi lebih luas dan banyak, misalnya Android M 6.0 Keatas.

Layar atau Display
Layar merupakan komponen penting selanjutnya yang harus dipertimbangkan. Karena layar merupakan alat output utama yang berfungsi menampilkan informasi yang telah diproses oleh ketiga komponen diatas. Setinggi apapun spesifikasi, jika layarnya jelek percuma karena kita tidak akan menikmati keindahan yang dihasilkan oleh pengelola grafis seperti melihat foto, video, 3D games dan sebagainya.

Oppo A54
Dari catatan di atas, Oppo A54 bisa menjadi pilihan, smartphone ini sudah mendukung baterainya 5000 mAh dengan pengisian daya 18 watt (9V2A), dan memiliki tipe charger Type C. Dengan kapasitas baterai yang dihadirkan A54, tentunya daya tahan yang lebih lama untuk menemani aktivitas pengguna. Samrtphone dengan baterai besar, bisa tahan seharian penuh untuk melakukan beragam aktivitas dalam sekali charging.

Dengan harga Rp2.6 jutaan, seri ini ditopang dengan processor MediaTek Helio P25 dengan sistem ColorOS 7.2 Android 10 juga sudah berjalan di series A54. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan di antaranya HyperBoost. Teknologi HyperBoost adalah mesin pendorong kinerja yang tersedia eklusif untuk Oppo, yang terdiri dari tiga kemampuan inti: scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. HyperBoost memungkinkan aplikasi dan game merespons lebih cepat, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem.

Kapasitas RAM 4GB akan membuat perangkat ini berjalan mulus, apalagi tipe RAM LPDDR4X memiliki peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Selain itu, penyimpanan internal besar 128GB memberikan keleluasaan pada konsumen untuk menyimpan berbagai file dan dokumen.

Performa perangkat ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies. Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4GB dapat bekerja layaknya RAM 6GB.

Selain itu, sektor kamera, Oppo A54 kali ini memiliki kamera yang dua kali lipat dari A31 yakni dilengkapi kamera depan 16MP serta kamera belakang 13MP + 2MP + 2MP. Pada segi desain nya, series A54 kali ini menawarkan dua opsi warna yaitu crystal black dan starry blue dengan posisi finger print yang terletak di samping ponsel, menyatu dengan power.
Oppo menawarkan layar perangkat smartphone, yang biasa digunakan pada perangkat kelas menengah atas, pada seri Oppo A54.

Kehadiran layar bertipe single punch-hole 6.51 inci menjadi pembeda perangkat ini di saat kompetitor lain menawarkan solusi layar waterdrop pada harga yang setara. Layar ini juga dilengkapi berbagai teknologi tinggi yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat Oppo Reno5 F.

Baca Juga:Menjadi Penerus A31, Ini Peningkatan Spesifikasi Oppo A54

Layar Oppo A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Pengguna secara manual dapat mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode terjadwal. Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik.

Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits. Moonlight Screen secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari, sehingga membuat cahaya layar terasa lembut dan tidak menyilaukan mata. Sementara itu, AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Setelahnya, fitur ini dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna.

 

 

Artikel Terbaru