Beranda News Social Media Clubhouse Hadirkan Fitur Pembayaran Untuk Pencipta Konten  

Clubhouse Hadirkan Fitur Pembayaran Untuk Pencipta Konten  

-

Jakarta, Selular.ID – Aplikasi audio sosial populer, Clubhouse kini memungkinkan untuk semua pengguna membayar konten kreator di platformnya, sebagai bentuk monetisasi pertama yang terpasang langsung ke dalam aplikasi.

Menariknya, Clubhouse dalam hal ini tidak sama sekali memotek pembayaran yang diterima oleh para pembuat konten, artinya para insan kreatif itu menelan semua keuntungan yang dikirim oleh pengguna.

Baca juga: Kominfo Siapkan Peraturan Menteri Untuk Blokir Sosial Media

Fitur untuk menerima pembayaran pada tahap awal akan tersedia untuk grup kecil sebagai uji coba, dan kemudian akan diluncurkan ke pelanggan lain yang lebih luas.

Untuk membayar kreator Clubhouse, caranya cukup mudah yaitu Anda bisa kunjungi profil  lalu ketuk tombol ‘Send Money’, lalu pilih berapa banyak Anda mengirimkan uang.

Anda juga harus membayar biaya pemrosesan ke Stripe, yang merupakan mitra pemrosesan pembayaran Clubhouse. Pertama kali mencoba membayar seseorang, Clubhouse akan meminta Anda untuk menambahkan kartu kredit atau debit.

Rencana monetisasi ini sebenarnya datang setelah Clubhouse mengumumkan program akselerator pembuat konten pertamanya, Clubhouse Creator First, yang akan melibatkan 20 calon pembawa acara dan pembuat konten untuk membantu mereka membangun pengguna dan sekaligus memonetisasi acara mereka.

Baca juga: Belum Terdaftar Sesuai Aturan, Clubhouse Terancam Alami Pemutusan Akses

Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini melihat peluang besar pelatformnya, dan hal ini ditandai dengan  jumlah pengguna globalnya yang melonjak setelah Chief Executive Officer Tesla Elon Musk dan CEO Robinhood Vlad Tenev mengadakan diskusi mendadak di platform tersebut.

Berdasarkan catatan firma riset aplikasi App Annie menunjukan jumlah unduhan Clubhouse meningkat dari 3,5 juta menjadi 8,1 juta dalam dua minggu secara global. App Annie menilai, ini disebabkan oleh banyaknya tokoh teknologi dunia, publik figur hingga influencer yang menggunakan aplikasi ini.

Artikel Terbaru