Beranda News E-Commerce Bergerak Pulihkan Pariwisata di Indonesia Dengan Memanfaatkan Teknologi

Bergerak Pulihkan Pariwisata di Indonesia Dengan Memanfaatkan Teknologi

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dampak pandemi terhadap sektor pariwisata membuat pemerintah perlu menyesuaikan proyeksi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara di tahun ini. Pemerintah pun kian mendorong investasi sektor pariwisata dan memperkuat promosi pariwisata dengan memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

Melihat itu salah satu e-commerce lokal Blibli pun turut bergerak. Melalui program Blibli Travel & UMKM Fest, Blibli mendukung bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air yang sempat melemah akibat pandemi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan asosiasi pariwisata yang juga tengah bergerak memulihkan pariwisata di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Kusumo Martanto, Ceo Blibli menjelaskan, program Blibli Travel & UMKM Fest yang berlangsung tanggal 16 hingga 30 April 2021 diikuti 90.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk asosiasi dan seller di bidang perjalanan wisata, perhotelan dan desa wisata untuk menghadirkan berbagai destinasi dan paket wisata menarik bagi pelanggan.

“Dengan memanfaatkan platform teknologi yang dihadirkan oleh ekosistem e-commerce Blibli, sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif ini dapat memberikan pilihan yang lebih kaya kepada pelanggan, sehingga pertumbuhan kedua industri ini pun dapat terwujud,” lanjut Kusumo.

Dikatakan Martono, melalui Blibli Travel & UMKM Fest ini pun diharapkan para pelaku di industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi demi menjangkau pasar pelanggan yang lebih luas, yang juga sesuai dengan transformasi digital yang pemerintah inginkan terjadi di setiap industri untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0.

Menurut Martono, semakin banyak pemain industri tour and travel berpindah ke platform online. Membandingkan performa kuartal 1 2021 dengan periode sama di 2020, jumlah seller meningkat sebesar 50% yang menunjukkan bahwa pemain tour and travel banyak berekspansi ke kanal e-commerce untuk menjangkau pasar.

Masuknya para seller baru ini mendongkrak jumlah produk wisata meningkat sebesar 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Produk wisata yang ditawarkan pun menjadi variatif, seperti Virtual Tour hingga Kupon Perjalanan.

Baca Juga:Blibli Hadirkan Pengiriman 2 Jam Dan Festival Belanja

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku di industri pariwisata yang menyadari pentingnya transformasi digital untuk bertahan di tengah pandemi. Blibli pun turut memberikan wadah bagi para pelaku di industri pariwisata serta ekonomi kreatif lokal dengan hadirnya kategori Galeri Indonesia, di mana kategori ini juga mengalami pertumbuhan 7 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu, Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital, Automotive & Travel Category, Blibli mengatakan Blibli Travel & UMKM Fest diharapkan menjadi program online yang mampu menarik minat masyarakat untuk menikmati wisata di era new normal.

“Program ini juga menjadi wadah kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan asosiasi pariwisata seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia, Astindo dan Asosiasi Expe

Artikel Terbaru