Beranda Devices Qualcomm Perkenalkan Sensor Sidik Jari Terbaru  

Qualcomm Perkenalkan Sensor Sidik Jari Terbaru  

-

Jakarta, Selular.ID – Hari ini, Qualcomm mengumumkan sensor sidik jari dalam layar generasi kedua yang disebut 3D Sonic Gen 2. Tidak seperti kebanyakan solusi sidik jari pada umumnya, kabarnya sensor ini dapat bekerja dengan menggunakan gelombang suara, untuk memindai fitur 3D di sidik jari pengguna.

Generasi pertama Sensor Sonic 3D Qualcomm sebelumnya telah ditampilkan pada seri Samsung Galaxy S10, Note10, S20, dan Note20. Namun kinerjanya sering dipertanyakan, hal ini karena akurasi dan kecepatan yang dihasilkan tidak sebanding dengan solusi optik lainnya dari OEM China seperti OnePlus dan Huawei.

baca juga: Seperti Ini Sensor Sidik Jari iPhone 12

Merespon hal itu, sensor Sonic 3D Qualcomm generasi terbaru ini ini menjanjikan kecepatan 50% lebih cepat dari pendahulunya dan 77% lebih besar.

Hal ini bisa terjadi, karena sensor pemindai generasi terbaru  berukuran 8 x 8 mm, lebih besar jika dibadning generasi pertama yaitu 4 x 9 mm. Dari besarnya ukuran sensor itu, memungkinkan perangkat mengambil informasi biometrik 1,7X lebih banyak.

Baca juga: Jamin Konektivitas Palapa Ring Timur Yang Dibakar, Kominfo Gunakan Satelit VSAT  

Lalu sensor baru ini memiliki ukuran setipis 0,2mm, sehingga memungkinkan terintegrasi dalam layar pada panel fleksibel, seperti perangkat yang dapat dilipat.

Qualcomm dalam hal ini menegaskan jika Sensor Sonic 3D generasi kedua akan memulai debutnya pada smartphone awal 2021. Namun tidak dijelaskan secara detail brand mana yang sudah menggunakan sensor dalam layar terbaru tersebut. Namun banyak yang menyebut jika sensor tersebut telah tersamat pada Samsung Galaxy S21, yang sebentar lagi akan meluncur di pasaran.

Artikel Terbaru