Beranda Devices Mediatek Siap Luncurkan Chipset Terbaru

Mediatek Siap Luncurkan Chipset Terbaru

-

Jakarta, Selular.ID – Mediatek dilaporkan bakal merilis Dimensity 1100, chipset berperforma kencang dengan harga kompetitif. Berdasarkan bocoran terbaru dari Digital Chat Station, chipset tersebut dikembangkan melalui sistem fabrikasi 6 nm.

Sebelumnya, perusahaan telah mengonfirmasi bahwa varian Dimensity anyar akan dikenalkan pada 20 Januari 2021 mendatang. Namun sejauh ini belum mengungkapkan produk apa yang rencananya akan diluncurkan pada acara tersebut. Namun kemungkinan besar adalah Dimensity 1200 (MT6893).

Baca juga: Samsung Resmi Luncurkan Chipset Exynos 2100

Hanya saja isu itu berkembang cepat, setelah ada kandidat chipset lain yang mungkin juga akan diperkenalkan, dikutip dari Gizmochina, leaker Digital Chat Station mengklaim MediaTek Dimensity 1100 memiliki empat core Cortex A78 dan empat core Cortex A55 dalam arsitektur 1 + 3 + 4.

Lalu Chipset ini juga mengemas ISP (Image Signal Processor) yang mendukung sensor kamera utama 108 MP, layar Full HD Plus, RAM LPDDR4x, dan penyimpanan UFS 3.1.

Dan kemungkinan besar chipset ini bakal hadir untuk handset kelas menengah, dan kabar sebelumnya juga mengkaitkan chipset baru ini akan disamatkan pada Redmi K40, yang akan memiliki varian MediaTek Dimensity series bersama juga dengan versi Snapdragon 888.

Baca juga: Huawei Kembangkan Chipset 3nm  

Sekedar tambahan, MediaTek menjadi vendor chipset smartphone terbesar dengan pangsa pasar 31% pada kuartal ketiga tahun 2020. Pencapaian ini terjadi ketika penjualan smartphone rebound selama kuartal tersebut. Data Counterpoint Research menyebutkan, kinerja kuat MediaTek berada di kisaran harga USD 100-250. Pertumbuhan di wilayah utama seperti China dan India membantunya menjadi vendor chipset smartphone terbesar selama kuartal ketiga.

Artikel Terbaru