Beranda Devices Huawei Kembangkan Chipset 3nm  

Huawei Kembangkan Chipset 3nm  

-

Jakarta, Selular.ID – HiSilicon pabrikan chipset Kirin yang digunakan untuk produk Huawei ini sedang dalam tahap lanjutan mengembangkan chipset generasi berikutnya, yang akan diproduksi dengan proses 3nm.

Dalam cuitan pembocor gadget @RODENT950, mengatakan ada kemungkinan Kirin 9010 akan diproduksi 3nm, dan akan diperkenalkan pada kuartal kedua tahun 2021. Ini artinya chipset ini mungkin akan mentenagai seri Mate 50 yang diprediksi meluncur pada kuartal keempat.

Baca juga: Snapdragon 480 Menjadi Chipset Seri 4 Pertama dengan 5G

Memang Huawei, dan semua pabrikan chipset lainya tidak menutup kemungkinan akan merencanakan pembangunan chipset masa depanya di 3nm, namun bukan untuk tahun ini.  Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) pun belakangan menyatakan bahwa mereka berencana untuk memulai produksi chipset 3nm pada paruh kedua tahun 2022. Dan TSMC sebenarnya adalah pabrikan yang paling mungkin untuk mengarap chipset Kirin berikutnya karena memiliki teknologi yang memumpuni.

Bagaimanapun, chipset 3nm TSMC, atau “N3” sebagaimana perusahaan menyebutnya, diklaim akan mengesankan karena secara kinerja dapat meningkatkan kepadatan transistor hingga 70%, chipset modern saat ini sudah memiliki lebih dari 10 miliar transistor. Menurut prediksi, chipset baru ini akan mampu menghemat daya 25-30% dan peningkatan performa 10-15%.

Baca juga: Motorola Memulai 2021 dengan Flagship 5G Terjangkau

Yang menarik, siapa yang akan mengarap chipset 3nm itu jika Huawei benar-benar sedang mengembangkan Kirin generasi selanjutnya di tahun ini. menginggat saat ini Huawei masih tidak bisa memesan produksi chipset ke TSMC karena masih masuk dalam daftar hitam perdagangan.

Sementara pabrik chip Huawei masih dikabarkan belum secanggih itu untuk memproduksi chip 3nm. Menjadi menarik juga, chipset dengan proses 3nm pada tahun 2022 itu sudah dipesan Apple dalam jumlah besar ke perusahaan chipset asal Taiwan tersebut.

Jika rumor tentang chip 3nm dari Huawei benar, bukan tidak mungkin produsen chipset lainnya juga akan beralih ke proses 3nm untuk chipset generasi berikutnya dengan lebih sigap. Samsung sebelumnya dikabarkan juga akan melewati proses 4nm dan langsung lompat ke 3nm.

Artikel Terbaru