Kamis, 20 Juni 2024
Selular.ID -

HiSilicon Huawei mengirimkan 8 juta Chipset Kirin pada Q1 2024

BACA JUGA

Selular.ID – Huawei makin berjaya, setelah laporan pengiriman terbaru, HiSilicon telah mengirimkan 8 juta chipset Kirin di periode Q1 2024.

Divisi HiSilicon Huawei, yang bertanggung jawab atas chipset Kirin, menunjukkan tanda-tanda pemulihan di pasar chipset ponsel pintar.

Menurut data Canalys, perusahaan mengirimkan 8 juta unit Kirin pada kuartal pertama (Q1) tahun 2024, menghasilkan pendapatan $6 miliar.

Ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan kuartal sebelumnya, namun Huawei masih tertinggal dibandingkan pesaing utamanya.

Huawei berhasil melampaui pengiriman dan pendapatan chipset Google pada Q1 2024. Google hanya mengirimkan 2 juta SoC ponsel cerdasnya dan menghasilkan pendapatan $2 miliar darinya.

Di dalam laporan ini, Samsung dan MediaTek masih menjadi raksasa besar di industri dengan pengiriman jauh lebih banyak dibandingkan Huawei.

Samsung mengirimkan 18 juta unit dengan harga $9 miliar, sementara MediaTek memimpin dengan 114 juta unit tetapi hanya memperoleh $23 miliar.

Qualcomm juga menjual 75 juta SoC ponsel pintar dan berhasil memperoleh $37 miliar pada kuartal ini. Apple , pemimpin dalam pendapatan chipset, mengalami penurunan dalam pengiriman (49 juta unit) dan pendapatan ($56 miliar) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meskipun pangsa pasarnya hanya sebesar 2,7% pada Q1 2024, kebangkitan Huawei berdampak pada pasar. Apple, khususnya, mengalami tekanan pada pendapatan chipset dan momentum pengirimannya.

Tren ini diperkirakan akan berlanjut dengan peluncuran seri Mate 70 Huawei dan sistem operasi HarmonyOS Next beberapa bulan mendatang.

HarmonyOS, yang dirancang sendiri oleh Huawei, akan mengurangi ketergantungan pada platform Android Google.

Secara keseluruhan, dari data ini menunjukkan kembalinya Huawei secara bertahap di pasar chipset.

Baca juga : Qualcomm Tak Banyak Berharap Pendapatan Pada Huawei

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU