Beranda Bincang Eksekutif Menguak Jurus ‘Terbaru’ Nokia Untuk Pasar Smartphone Indonesia    

Menguak Jurus ‘Terbaru’ Nokia Untuk Pasar Smartphone Indonesia    

-

 Jakarta, Selular.ID  – Sepak terjang Nokia, yang sudah lama malang melintang di pasar ponsel Indonesia ‘sangat’ menarik untuk kita simak. Terlebih brand ponsel kawakan asal Finlandia itu sempat menjadi brand paling poluler di tanah air sekitar tahun 2000-an, melalui ponsel featurnya ikoniknya.

Setelah sekian lama menghilang dipasaran, dan terkubur dengan banyak nama brand yang silih berganti berkuasa pasca era kejayaanya. Ingatan brand ponsel yang lama tengelam diingatan kita itu, seolah kembali terkenang ketika secara berlahan tapi pasti, Nokia mulai rajin merilis smartphone di Indonesia, dengan menapaki jalur pasar ponsel pintar kelas menengah bawah.

Lantas misi apa yang dibawa Nokia kini, untuk Indonesia yang tidak dipungkiri keruh akan persaingan? Dan strategi apa yang dibawa dalam hal ini HMD Global untuk kembali merebut era kejayaan lama Nokia di pasar ponsel pintar saat ini? Berikut simak obrolan singkat Selular.ID Bersama Karel Holub, Selaku Country GM Indonesia HMD Global di kantornya, beberapa waktu lalu:

  1. Bisa dijelaskan bagaimana performance Nokia di Indonesia saat ini?

Kami HMD Global perusahaan Finlandia yang berafiliasi dengan Nokia, sudah empat tahun berada di pasar Indonesia. Selama itu kami telah memperkenalkan perangkat baru ke berbagai segmen di sini, kami memiliki ponsel feature dan kini kami telah memiliki smartphone. Kami bangga dan C Series yang dibandrol terjangkau, sangat menjawab kebutuhan dan relevan pada situasi pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: HMD Global Resmi Umumkan Nokia 6300 4G dan 8000 4G

Nokia C3 yang baru kami perkenalkan beberapa Minggu lalu misal, kami bawa ke pasar smartphone terjangkau, untuk menjawab kebutuhan pembelajaran jarak jauh online atau untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan smartphone. Menurut saya era kenormalan baru untuk selalu menjaga jarak dan bekerja dari rumah menjadi sangat penting, dan kami senang bisa menjawab kebutuhan itu. Terlepas dari resesi yang melanda Indoneisa, kami tetap optimis sekaligus ingin terus berkontribusi pada pertumbuhan konektivitas dan smartphone di tanah air.

  1. Bagaimana respon masyarakat Indonesia terhadap brand Nokia ditengah ketatnya persaingan saat ini?

Jadi kami baru saja mengugumkan Nokia C3, responya cukup baik dan produk itu masuk bagian dari kampanye kami untuk film James Bond: No Time To Die.  Khusus produk C3, merupakan smartphone entry level yang sangat terjangkau untuk konsumen di Indonesia yang pertama kali terhubung ke internet. Smartphone ini memiliki kualitas baik dengan menggunakan layar HD plus enam inci, dan sensor sidik jari.

Yang menjadi pembeda dari Nokia dengan brand lain, pada dasarnya adalah pembaharuan, ini bisa dilihat dari penelitian terbaru dari Counterpoint yang menyebutkan ponsel Nokia, HMD Global menduduki puncak daftar dengan pembaruan OS dan keamanan yang tepat waktu, serta ponsel dengan daya tahannya melebihi rata-rata industri.

Baca juga: Gambar Nokia 8000 Terungkap, Seperti Ini Tampilannya

Ini menunjukan kami telah menjadi yang terbaik untuk pembaharuan, pemuktahiran dan kualitas dalam membangun produk. Jadi menjadi sangat relevan, dan diterima dengan baik ketika kami memperkenalkan produk Nokia ke ke pasar Indonesia.

  1. Apa pertimbangan update dan upgrade keamanan yang dimiliki produk Nokia menjadi penting? Dalam menjawab persaingan di pasar smartphone Indonesia.

Update keamanan terbaru dari Google sangat signifikan, kami percaya berdasarkan analisa dari Hootsuite, menyebutkan bahwa 59 dari responden di dalamnya survei merasa perihatin, tentang bagaimana perusahaan menggunakan data priabadi konsumenya.

Dalam isu itu, pada dasarnya Nokia sangat menekankan pada peningkatan dan pembaharuan sistem dari produk kami. Lalu kami juga memiliki kemitraan dengan Google dalam hal ini untuk menyimpan data pelanggan pada smartphone Nokia yang merupakan bagian dari General Data Protection Regulation (GDPR).

Baca juga: RUU PDP Idealnya Dibarengi Oleh Bangkitnya Industri Digital Lokal

Dan karenanya kami dapat sampaikan ke pelanggan dari awal jika data mereka akan aman dan terjamin, dan tidak akan ada yang disalah gunakan untuk iklan atau untuk misal menjual beberapa hal yang tidak Anda butuhkan sebenarnya.

  1. Lantas point penting keuntungan dari keamanan sistem yang dimiliki smartphone Nokia bagi konsumen seperti apa?

Jika Anda melihat di Asia Tenggara terutama di Indoneisa soal bagaimana cara masyarakat bertransaksi dengan uang, ada perubahan kebiasaan yang luar biasa. Jika di Eropa, atau negara lainya di sana, orang lebih banyak menggunakna kartu kredit. tapi di  Indonesia melampaui itu, lebih banyak yang menggunakan e-wallet, seperti OVO, Gopay, LinkAja, dan internet banking seperti BCA, Mandiri dan lain-lainya.

Saya melihat bagian penting ini dari sebuah kinerja smartphone. Pengguna di Indonesia yang saya lihat dari data Statista sekitar 80 persen benar-benar mengunakan salah satu cara pembayaran yang berada di ponsel cerdas mereka, dan itu berarti mereka juga menyimpan uangnya di perangkat tersebut.

Baca juga: HMD Luncurkan Nokia 10 PureView Akhir Tahun 2020?

Kami percaya bahwa salah satu cara untuk memposisikan pembaharuan dan peningkatan yang dimiliki Nokia akan memberikan keamanan bagi pelanggan yang sebenarnya, dan itu salah satu yang menajdi pembeda dari brand kami terhadap pesaing.

Melalui kemitraan kami dengan Google, produk kami secara teratur akan mendapat pebaharuan secara berkala, seperti yang dilakukan percis pada segmen laptop, untuk menjaga Windows akan terus secara berkala melakukan update semua patch untuk mengatasi bug dan lain sebagainya, memastikan menjadi operating system yang aman.

kami bangga memiliki diferensiasi unik itu,  dimana jika Anda membeli smartphone Nokia, Anda akan aman dan terjamin untuk masa depan, dan itu merupakan manfaaat yang efektif yang bisa kami berikan ke pelanggan kami.

  1. Apakah strategi Nokia untuk menyasar konsumen pasar kelas menengah? 

Pada dasarnya jika kita berbicara soal portfolio HMD Global, kami Nokia selalu menjawab semua kebutuhan di segmen pelanggan manapun guna menyediakan konektivitas, baik itu berupa ponsel feature atau smartphone.

Memang yang benar-benar efektif ada diharga dibawah 3 jutaan rupiah, seperti produk Nokia 5.3 yang kami miliki untuk menyasar pasar kelas menengah, dan dikhususkan bagi pelanggan yang menginginkan peningkatan dan pembaharuan Andoid di dalamya.

Yang bisa kami yakini dari Nokia, yaitu kualitas bahan desain dan umur panjang dalam hal produk, dan peningkatan sistem keamanan, serta pembaharuan sangat penting. Perangkat komunikasi seperti ponsel feature dan smartphone yang kami luncurkan akan memberikan konsumen kesempatan, untuk memiliki dan menyimpan perangakt tersebut lebih lama bahkan di titik harga dimana tidak ada pesaing lain.

Baca juga: Nokia: Implementasi 5G Butuh Regulasi, Kolaborasi dan “Kemauan Berinovasi”

Kemudian kami juga tidak kompromi soal kualitas ponsel, bahan Produk Nokia selalu terkenal dengan keawetannya, kami juga menerima banyak penghargaan sebagai smartphone dengan kualitas terbaik. Ini merupakan penghargaan bagi kami, dan Nokia sangat bangga akan hal itu, karena penghargaan itu membuktikan tidak hanya untuk tim desainer kami di Finlandia, tetapi juga untuk manufaktur dari tangan pekerja kami di Batam yang memproduksi Nokia untuk pasar Indonesia.

Strategi kami bisa juga dilihat pada Nokia C series yang kami miliki, salah satu smartphone paling terjangkau terbaik dalam situasi sulit ini. Di pasaran nokia C1 dijual dengan harga Rp849000, ini adalah smatphone bermerek paling terjangkau. Ditambah produk ini hadir dengan 100 gigabyte plus 31 gigabyte dari Axis, dan yang membuatnya unik lagi jika ponsel ini rusak (tentu ini tidak diharapkan), tidak perlu ke servis center tapi bisa langsung datang dan ganti di took. Kami tidak kompromi pada durabalitas, bahkan dalam titik harga terjangkau itu.

  1. Bisa diceritakan bagaimana karateristik konsumen Nokia di Indonesia saat ini? 

Tak dipungkiri, Nokia salah satu brand terkuat di Indonesia sangat melekat dibenak masyarakat, jika saya membahasnya dengan seseorang pastinya akan memiliki cerita tentang Nokia secara pribadi. Yang menarik kemarin saya berdiskusi dengan mitra, dan menjelaskan bahawa milenaial saat ini tidak tahu apa itu Nokia, dan saya benar-benar tertantang.

Sebagai perusahaan startup yang berusia empat tahun di Indonesia HMD Global ingin membangun masa depan Nokia kembali di tanah air. Jika kita berbicara merek Nokia, kesederhanaan selalu dikenal bahkan ketika ponsel keluar dari boks pembelian, Anda tidak perlu benar-benar membaca panduan pengguna ketika mulai ingin mengaktifkanya, kami percaya dengan smartphone yang mendukung Android murni ini. Kami akan selalu menghadirkan kemudahan pengguna yang ‘sama’ seperti sedia kala untuk pelanggan kami saat ini.

Baca juga: Asus ROG Phone 3 Masih Terganjal Registrasi IMEI

Lalu untuk merespon penggemar Nokia, setiap tahun kami memperkenalkan pengulangan model legendaris di masa lalu kepada konsumen setia kami seprti misal baru-baru ini, kita perkenalkan Nokia 3310.

Pada dasarnya, ini merupakan pemahaman kami tentang bagaimana pelanggan loyal kami memilki sisi emosi yang terkoneksi terhadap brand Nokia. Kami bangga bisa mengelola merek Nokia yang ikonik dengan pengalaman pelanggan yang unik itu.

  1. Bagaimana soal kelanjutan komitmen Nokia, untuk membawa perangakt 5G ke Indoneisa?

Membawa perangakt 5G ke Indonesia itu merupakan komitmen kami. kami sudah meluncurkan perangakat 5G pertama kami secara global, dan sebenarnya kami tinggal menunggu lisensi yang akan diberikan di Indonesia, sehigga dapat membawa perangakat tersebut ke pasar tanah air.

Kami juga menunggu pita frekuensi 5G di Indonesia berjalan baik, kami sangat menantikan hal tersebut, dan siap membawa lebih banyak perangakt 5G pada tahun 2021 ke Indonesia.

  1. Dan bagaimana langkah Nokia di pasar Indonesia pada tahun 2021 ini?

Nokia sebenaranya merupakan yang terbesar jumlah perangkatnya, yang telah disertifikasi Google, dan mereka pun merekomendasikanya. preposisi yang saya beritahu itu soal upgrade dan update sangat relevan bagi segmen perusahaan, karena disana kami melihat perusahaan di Indonesia sangat bersemangat untuk memiliki perangkat yang aman dan terlindung, dan selalu up to date.

Dan sampai saat ini, kami telah menyediakannya ke segmen perusahaan, untuk segmen ini kami memiliki mitra seperti bluebird dan PLN Indoneisa, mereka menggunakna perangkat kami secara khusus.

Baca juga: Ponsel Nokia Duduki Peringkat Teratas “Kepercayaan Konsumen”

Perlu diketahui juga, kami nomor satu di ekosistem android jadi kini banyak konsumen yang datang ke kami, karena tidak ada perusahaan yang memberikan harga terbaik dengan tawaran kemampuan yang Nokia berikan. keamanan dan keselamatan yang HMD global lakukan itu adalah salah satu hal yang akan kami terus berikan.

Kemudian di Indonesia sendiri, kami melihat banyak sekali penggemar Nokia. Dan pada dasarnya pasarnya memang sangat besar, terlepas dari bayang-bayang resesi ekonomi yang melanda. Kami akan terus berkomitmen untuk membantu orang yang pertama kali menggunakan smartphone, dan terhubung ke internet melalui produk terjangkau kami, terlebih yang kita tahu penetrasi internet di Indonesia tumbuh secara seginifikan.

Portfolio produk kami, terutama untuk C Series berpotensi untuk mengaet secara efektif dari pengguna ponsel kelas menengah itu, jadi kami sangat bersemangat menyambut tahun depan. Kemudian  selama pandemi ini juga kita membuka penjualan online, jadi sekarang Anda dapat mengunjungi tokopedia, lazada blibli dan lain sebagainya, untuk mendapatkan produk Nokia.

Artikel Terbaru