spot_img
BerandaAppsZoom Hadirkan Solusi Enkripsi End To End

Zoom Hadirkan Solusi Enkripsi End To End

-

Jakarta, Selular.ID – Hari ini Zoom resmi meluncurkan layanan enskripsi end to end (E2EE), yaitu sebuah fitur untuk mejaga obrolan serta rapat tetap aman. Pengguna nantinya dapat mengaktifkan E2EE baik untuk perangakt desktop, Android maupun di iOS setelah Apple menyetujui pembaruan aplikasi Zoom tersebut.

Sebelumnya Zoom telah membeli Keybase pada Mei untuk mengembangkan mode E2EE setelah lonjakan besar dalam penggunaan di tengah pandemi virus corona.

Dilansir dari The verge, Selasa (27/10), petunjuk tentang cara mengaktifkannya dapat ditemukan di pusat bantuan Zoom. Setelah E2EE diaktifkan, Anda dapat memeriksa Zoom menggunakan jenis enkripsi yang lebih aman,  menggunakan perisai hijau yang ditampilkan di  kiri atas layar. Perisai ini menampilkan gembok jika rapat dienkripsi secara menyeluruh.

Pengaktifan E2EE ini dilakukan secara manual di pengaturan dan semua peserta rapat perlu melakukannya agar panggilan mereka dapat menggunakan tingkat enkripsi tersebut.

E2EE Zoom saat ini dalam pratinjau teknis, dan perusahaan berharap pengguna akan memberikan masukan tentang fitur tersebut selama 30 hari ke depan.

Awalnya, Zoom hanya akan menawarkan E2EE kepada pengguna berbayar namun keputusan tersebut mendapatkan kritikan sehingga diputuskan bahwa fitur ini dapat digunakan semua pengguna. Hanya saja pihak Zoom mengatakan akun gratis perlu memverifikasi nomor telepon mereka menggunakan SMS dan opsi lain untuk memastikan akun Anda valid.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru