Beranda Apps Zoom Tingkatkan Keamanan Lewat Fitur Enkripsi End to End

Zoom Tingkatkan Keamanan Lewat Fitur Enkripsi End to End

-

Jakarta, Selular.ID – Untuk meningkatkan keamanan platformnya, Zoom akhirnya merilis fitur keamanan populer, yakni Enkripsi End to End (E2EE).

Enkripsi ujung-ke-ujung, yang lebih sering disebut sebagai ‘E2EE’, adalah teknologi keamanan yang mengenkripsi komunikasi antara dua pihak atau lebih, memastikan hanya pengirim dan penerima yang dapat melihat konten, seperti dilansir dari Slashgear, Jumat (16/10).

Dengan asumsi teknologi digunakan dengan benar, individu atau grup pihak ketiga tidak akan dapat mendekripsi dan melihat konten. Tingkat keamanan ini menjadikan E2EE penting untuk menjaga kerahasiaan dokumen, foto, dan pesan mereka jika ada potensi kebocoran atau pengintaian.

Baca juga: Ruang Kelas Siswa Zoom Ditopang SSO Untuk Keamanan

Kabarnya, Zoom baru akan meluncurkan fitur E2EE minggu depan, tetapi pertama-tama akan tersedia sebagai pratinjau teknis untuk 30 hari pertama. Baik pengguna Zoom gratis maupun berbayar akan mendapatkan akses ke fitur tersebut, yang mendukung hingga 200 peserta dalam pertemuan yang sama dengan enkripsi diaktifkan.

Sebagai informasi, Zoom sudah memiliki fitur enkripsi dan fitur keamanan lainnya, tetapi E2EE adalah fitur yang diperlukan untuk beberapa pengguna yang mungkin mencari platform lain, termasuk aplikasi perpesanan seperti Signal.

Artikel Terbaru