Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Oppo Reno4 F: Bodi Tipis, Kamera Komplet

Review Oppo Reno4 F: Bodi Tipis, Kamera Komplet

-

Jakarta, Selular.ID – Di tengah pandemi, penggunaan smartphone kian intens. Aktivitas seperti bekerja, belajar, belanja, dan bersosialisasi, kini lebih banyak dilakukan secara online. Maka dari itu, memilih smartphone yang nyaman untuk digunakan berlama-lama, mutlak hukumnya.

Sejumlah kriteria “nyaman” itu bisa disuguhkan oleh perangkat yang secara fisik ringan, tipis, mempunyai layar luas, dan baterai besar. Nah, salah satu smartphone yang memenuhi kriteria tersebut adalah Oppo Reno4 F.

Ponsel terbaru Oppo itu kini resmi menyandang sebagai smartphone tertipis perusahaan, dengan ketebalan hanya 7,4mm dan bobot hanya 164 gram. Dengan ukuran tersebut, pengguna dijamin akan nyaman berlama-lama menggunakan Reno4 F.

Kendati tipis, anggota terbaru keluarga Reno4 Series ini sudah dibekali baterai 4.000mAh yang dilengkapi dengan dukungan fast charging 18W, yang akan mengisi penuh daya hanya dalam 100 menit.

Tersedia dalam dua varian warna matte black dan metallic white, perangkat sudah dijual melalui Oppo Store baik offline maupun online, dengan harga resmi Rp4.299.000.

Bagi kalian yang berencana membeli smartphone baru, berikut kami hadirkan ulasan Oppo Reno4 F: bodi tipis, kamera komplet.

Paket Penjualan

Sebelum memasuki ulasan mendalam, mari kita bahas mengenai paket penjualannya. Pada paket penjualan Oppo Reno4 F, selain unit smartphone, pembeli juga akan mendapatkan kabel USB dan charger, lengkap dengan kartu garansi dan buku panduan.

Kemudian pembeli Reno4 F juga akan mendapat aksesoris lengkap, karena vendor telah menyematkan jelly case bening dan earphone di dalam kemasan penjualan. Selain dua aksesoris itu, Oppo juga menyediakan pin ejector untuk membuka slot SIM card dan MicroSD.

F untuk Fashion

Tipis, ramping, dan trendi. Itulah kesan pertama yang akan Anda dapatkan ketika pertama kali memegang Reno4 F. Dimensi keseluruhan ponsel adalah 7.48mm x 73.8mm x 160.1mm dengan bobot 164g.

Guna mendapatkan ukuran bodi tersebut, menurut Oppo, perangkat dibuat dengan melakukan optimasi desain terkini sehingga mainboard, baterai dan seluruh komponen dapat ditempatkan dalam smartphone yang sangat tipis.

Tersedia dalam dua warna, Reno4 F hadir dengan warna Shiny Matte, dimana pada penutup belakangnya dilapisi dengan lapisan anti sidik jari, menggunakan teknik lapisan optik baru yang meningkatkan kedalaman lapisan dari 250 nanometer menjadi 400 nanometer. Lapisan ini jika terkena transmisi pantulan cahaya akan menghasilkan warna yang bervariasi saat ponsel digenggam pada sudut yang berbeda.

Reno4 F hadir dalam warna Matte Black yang melambangkan prestise dan terinspirasi dari warna pada mobil sportcars kelas atas. Metallic White menawarkan warna putih yang pada sudut tertentu dapat menghasilkan nuansa warna merah muda lembut atau biru muda.

Ponsel yang lebih tipis sering kali menghasilkan sudut yang tajam pada tepian frame, yang dapat mengganggu kenyamanan saat digenggam. Untuk mengatasi hal ini, desainer Oppo menggunakan teknik desain dengan tepi membulat pada sudut 220°. Menghasilkan tepian perangkat dengan tampilan sisi yang tipis sekaligus menawarkan kenyamanan digengam dengan satu tangan.

smartphone RAM 8GB

Desain Ramping

Reno4 F memiliki desain bodi ramping sehingga dapat memenuhi kebutuhan anak muda yang selalu tampil dinamis dan trendi. Kamera ganda di sudut layar, berukuran sangat minimalis, hanya 3,7mm.

Sementara pengaturan empat kamera di panel belakang disusun secara persegi. Sensornya yang besar membuat area kamera lebih menonjol dari permukaan. Tetapi jangan khawatir, Oppo melindungi tiap-tiap kamera dengan menempatkan frame melingkar di sekitar lensa yang melindungi kamera dari goresan saat diletakkan di meja. Tanpa sensor sidik jari, panel belakang tampak bersih. Fingerprint Reno4 F berada di dalam layar.

Beralih ke bagian sisi, di sayap kiri perangkat terdapat volume rocker dan baki SIM card. Sementara di sayap seberang hanya tersedia satu tombol multi fungsi (Power On/Off, serta pengunci dan pembuka kunci layar). Sementara bagian sisi atas, hanya ada microfon. Di bagian bawah, berderet corong speaker, port USB-C, jack audio 3,5mm, dan mikrofon.

Menyangkut slot SIM Card, Reno4 F menyediakan tiga slot dalam satu baki. Jadi pengguna bisa mengaktifkan dua SIM (mini SIM) dan memasukkan kartu microSD sekaligus.

Layar Luas

Untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman imersif dalam menikmati multimedia, Reno4 F dilengkapi layar 6,43 inci yang datang dengan layar FHD+ Super AMOLED, yang dapat menghasilkan gambar yang lebih hidup dengan piksel yang lebih terang dan lebih jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Layar ini menampilkan Mini Dual Punch-Holes dengan diameter yang lebih kecil (3.7mm) yang berarti dapat lebih banyak memberikan luar layar yang lapang dan dapat menawarkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Dual Cam Selfie

Bersama keluarga Reno4 lainnya, Reno4 F dibekali fitur kamera komplet. Bahkan, Reno4 F dilengkapi total enam kamera, dua di depan dan empat di belakang. Mengambil foto dan merekam video bokeh bisa dilakukan melalui kamera depan Reno4 F karena Oppo telah menggunakan solusi berbasis hardware dan software untuk menjalankan pemrosesan gambar dengan kedalaman pada Depth Camera 2MP dan Main Camera 16MP.

Dual Lens Bokeh tidak hanya dapat digunakan untuk mengambil swafoto, tetapi juga telah ditingkatkan untuk menimbulkan efek kedalaman saat pengambilan foto dan video dengan banyak orang dalam satu bidikan.

Selain itu, ponsel juga dilengkapi dengan Selfie Gesture, untuk mengambil gambar swafoto tanpa menggunakan alat bantu. Dengan fitur ini, cukup menunjukan tapak tangan kearah kamera, setelah terbaca, kamera akan menghtung mundur untuk mengambil swafoto

Tidak hanya itu, pengguna dapat menerima panggilan tanpa menyentuh ponsel pada kondisi tangan dalam keadaan basah ataupun berminyak saat makan dengan menggunakan gerakan udara sejauh 20-50 cm dari ponsel, cukup dengan melambaikan tangan ke atas mengaktifkan Air Gesture untuk menjawab panggilan.

AI Color Portrait menghadirkan sebuah perspektif baru fotografi smartphone dengan membuat foto potret yang menonjol dengan permainan isolasi warna. AI Color Portrait membuat warna latar belakang menjadi hitam dan putih, dan menjaga warna orang atau sekelompok orang di dalam foto tetap tampil alami dengan warna sesungguhnya. AI Super Clear Portrait menjamin Reno4 F dapat menghasilkan foto dengan detail wajah terbaik seperti pada alis yang akan tampak sangat jelas, sementara AI Beautification 2.0 menghadirkan fitur kecantikan khusus yang disesuaikan dengan preferensi pengguna lokal dan secara otomatis mendeteksi riasan yang ada seperti lipstik, lalu tampilkan efek yang disesuaikan.

AI Night Flare Portrait adalah fitur eksklusif Oppo yang menggabungkan efek bokeh dan algoritma lowlight-HDR untuk menangkap foto artistik yang menambahkan efek neon artistik yang indah pada foto potret yang diambil dengan latar belakang lampu kota. Jika pengguna ingin mengambil foto selfie di malam hari, AI Super Night Portrait memastikan bahwa swafoto menghasilkan bidikan yang cerah dan jernih, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.

Selain fitur-fitur yang akan menambah kesan profesional pada foto pengguna, Ultra Steady Video generasi ketiga memungkinkan untuk merekam vlog dengan mudah saat berjalan-jalan, sekaligus memastikan perekaman video yang stabil, lebih jelas, dan lebih tajam. Ultra Steady Video menggunakan solusi perangkat keras dan perangkat lunak yang menggabungkan algoritma Stabilisasi Gambar Elektronik (EIS) dengan sensor giroskop tertanam di dalam kamera depan.

Quad Camera

Reno4 F menghadirkan kamera yang memberikan kemampuan untuk mengambil gambar pada smartphone layaknya professional. Dengan fitur kecerdasan buatan yang diberikan, pengguna dapat dengan mudah menggunakan foto portrait dan menggunakan fitur penstabil gambar saat merekam. Disusun persegi, pengaturan empat kamera belakang terdiri dari 48MP Main camera, 8MP Wide-Angle, dan dual lensa mono 2MP.

Sama dengan kamera depan, kamera belakang Reno4 F juga disuntikkan aneka fitur canggih. Mulai dari fitur popular AI Color Portrait Mode yang mendukung fungsi pengisolasian warna pada foto, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda.

Fitur AI Super Night Portrait menjanjikan hasil foto selfie yang jernih bahkan di malam hari. Cocok untuk mengambil foto selfie pada kondisi temaram seperti di dalam sebuah bar atau di bawah lampu penerangan jalan. Didesain untuk kondisi cahaya rendah, Reno4 F menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan; pengenalan wajah, dan penekanan highlight, yang mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan, untuk menghasilkan bidikan potret yang lebih cerah, lebih jelas, dan berkualitas lebih baik di malam hari.

Kemudian AI Night Flare Portrait akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

Berkat AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret. Reno4 F menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dilengkapi degan sebuah kecerdasan buatan dan teknologi deep learning yang membuat detail wajah seperti alis dapat ditingkatkan atau direkonstruksi untuk memastikan foto potret yang lebih jelas.

Tidak lupa tetap ada fitur AI Beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.

Fast Charging

Oppo Reno4 F memperkenalkan cara baru untuk mengoptimalkan masa pakai baterai ponsel pada siang hari atau di saat pengguna tidur. AI Night Charging menggunakan mesin AI Learning untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna dan melakukan pengisian daya ponsel hingga 100% tepat saat mereka bangun dari tidurnya.

Dalam skenario kasus terburuk, jika pengguna tidak memiliki pengisi daya baterai di siang hari, Super Power Saving Mode dapat mengoptimalkan 5% masa pakai baterai dengan mengubah layar menadi hitam dan putih, dah hanya menjalankan hanya enam aplikasi yang telah ditentukan.

Performa Lancar

Pengguna mendapatkan pengalaman baru pada perangkat Oppo Reno4 F yang dioptimalkan. Dimulai dengan penyematan prosesor dengan chipset AI MediaTek Helio P95, memori 8GB dan pengimpanan internal 128GB, yang dapat diperluas hingga 512GB melalui keberadaan 3 slot kartu. Reno4 F memperkenalkan fitur Anti-Lag Algorithm yang dapat mendeteksi dan menghapus data yang menyebabkan kesalahan memori, mengurangi kemungkinan sistem operasi yang tersendat.

Anti-Lag Algorithm memiliki manfaat tambahan, dengan melakukan pengingkatan pada fitur defregmentasi memori, kemungkinan Lag pada smartphone dapat berkurang hingga 54% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sementara kinerja membaca dan menulis file ditingkatkan hingga 28% berkat pengoptimalan basis data secara otomatis.

ColorOS 7.2

Pengguna dapat menikmati antarmuka yang intuitif dan disederhanakan melalui Infinite Edge Design pada ColorOS 7.2. Pengguna akan diberikan pengalaman baru menikmati video atau game favorit dengan OPPO’s Screen Image Engine (OSIE), yang meningkatkan kejernihan aplikasi video pihak ketiga, atau menjelajah fitur perangkat dengan nyaman sepanjang hari dengan Dark Mode, yang mendukung Eye Care Mode. Dengan versi terbaru Dark Mode konsumsi daya perangkat dapat berkurang 38%, waktu “Aktif” dan “Nonaktif” mode ini juga dapat disesuaikan, dan pengguna dapat menyesuaikan nada warna gelap yang sesuai keinginan mereka.

Dengan ColorOS 7.2, akses informasi yang cepat dan mudah dimulai dengan Quick Return Bubble saat pengguna beralih aplikasi atau layar, bubble notifikasi akan muncul dan melacak status aplikasi atau game, yang dapat dikembalikan dengan satu ketukan sederhana. Dengan High-bandwidth Digital Content Protection (HDCP), kamu bahkan dapat mentrasmisikan tayangan copyrighted HD ke layar lebar dari aplikasi video dan hiburan terkemuka termasuk Netflix HD dan Amazon Prime Video.

Kesimpulan

Sama seperti seri sebelumnya, Reno 4 dan Reno4 Pro, perangkat ini juga menghadirkan AI Color Potrait, fitur yang kini sangat digandrungi pengguna smartphone tanah air. Fitur AI Color Potrait ini dapat memberikan efek hitam putih pada latar belakang gambar sekaligus tetap menjaga objek orang dalam gambar tampil berwarna.

Selain itu Reno4 F juga membawa fitur Night Flare Potrait yang menciptakan foto potret malam hari tampil lebih cerah dengan efek bokeh neon yang artistik. Fitur yang juga telah diperkenalkan pada Reno4 dan Reno4 Pro.

Tidak hanya pada sisi kamera, Oppo sangat serius mengarap desain pada perangkat ini untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang selalu tampil dinamis dan trendi dengan perangkat bertekstur Shiny Matte. Semua fitur kamera itu disematkan ke perangkat yang sangat pipih dan ringan. Dengan ketebalan hanya 7.48mm dan bobot 164 gram, Reno4 F dapat menjadi sebuah fashion statement untuk anak muda di Indonesia.

Spesifikasi Oppo Reno4 F Indonesia:

Dimensi & KetebalanDimensions:7.48mm x 73.8mm x 160.1mm
Weight: 164g
Layar16.34cm Dual Punch-hole Display
2400×1080 pixels; FHD+ Super AMOLED
60HZ Refresh Rate; 20:9 Screen Ratio
90.7% Screen to Body Ratio; 408 PPI
Gorilla Glass 3+
ProsesorMKT Helio P95
RAM8GB
Penyimpanan Internal128GB (Dapat diperluas hingga 512GB dengan MicroSD)
Baterai4000mAh*
Pengisian Daya18W Fast Charging
Sensor Sidik JariIn-Display Fingerprint 3.0
Kamera Utama48MP Main(F1.8)1/2” Sensor
8MP Wide Angle(F2.2)1/4” Sensor
2MP Mono(F2.4) 1/5” Sensor
2M Mono(F2.4)1/5” Sensor
Kamera Depan16MP Main Camera(F2.4)1/3” Sensor
2MP Depth Camera(F2.4)1/5” Sensor
Jaringan4G, VoLTE
Sitem OperasiColorOS 7.2 based on Android 10
WarnaMatte Black & Metallic White
HargaRp. 4.299.000

Buyer's Guide

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Oppo Obral Produk Andalan...

Jakarta, Selular.ID - Di penghujung tahun 2020, konsumen bisa memboyong produk Oppo dengan potongan...

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait